Waspada Banjir

Banjir Mulai Terjang Tanjab Timur, Ketinggian Air Masuk Status Siaga III

Curah hujan yang terbilang intens saat ini berdampak meluapnya air sungai di beberapa wilayah di Tanjab Timur, satu di antaranya

Penulis: Abdullah Usman | Editor: Fifi Suryani
tribunjambi/abdullah usman
Curah hujan yang terbilang intens saat ini berdampak meluapnya air sungai di beberapa wilayah di Tanjabtim, satu di antaranya di Kecamatan Muara Sabak Timur, Rabu (17/12/2019). 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA SABAK - Curah hujan yang terbilang intens saat ini berdampak meluapnya air sungai di beberapa wilayah di Tanjab Timur, satu di antaranya di Kecamatan Muara Sabak Timur, Rabu (17/12).

Pantauan di lapangan pasca curah hujan yang terbilang rutin beberapa pekan terakhir mulai berdampak pada kondisi pemukiman warga yang berdekatan atau dilalui anak sungai.

Seperti terjadi di Desa Lambur II Kecamatan Muara Sabak Timur. Di desa tersebut luapan air hujan dan pasang surut, mulai menggenangi halaman rumah mereka.

Kondisi tersebut, telah terjadi sejak beberapa hari terakhir sejak hujan mulai sering turun. Bahkan ada hujan yang tidak cukup deras namun durasi panjang hingga sehari semalam.

"Kalau banjir yang terjadi saat ini, kemungkinan dari air hujan yang terjebak ditambah dengan air pasang sehingga meluber," ujar Khairudin warga sekitar.

Ditambahkannya, kondisi banjir genangan ini sudah terbilang lebih baik dari hari sebelum nya (surut).

Pasalnya pada cuaca terbilang cerah dan tidak terjadi hujan sejak malam sebelumnya.

"Jadi air mulai terlihat surut, tapi meski sudah surut tetap meninggalkan masalah halaman dan pekarangan jadi berlumpur," jelasnya, Rabu (18/12).

Tidak hanya itu, beberapa wilayah di daerah yang sama banjir juga sudah menggenangi halaman fasilitas umum di antaranya sekolah dasar.

Meski genangan banjir sejauh ini belum masuk kategori membahayakan atau mengganggu aktivitas KBM.

Sementara itu, Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Tanjabtim Rahmad Hidayat mengatakan, berdasarkan koordinasi bersama tim Balai Wilayah Sungai Sumatera BWSS kondisi ketinggian air memasuki status siaga III.

"Dari laporan BWSS hari ini ketinggian air mencapai 4.70 M, atau memasuki Siaga III, dan kita minta masyarakat untuk tetap mawas diri," ujarnya.

Selain itu, pihaknya terus melakukan patroli rutin, untuk memantau perkembangan air pasang surut ini. Terlebih di beberapa kawasan yang masuk kategori rawan.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved