Pergerakan Rupiah

Rupiah Kembali Menguat, Sentuh Rp 13.997/Dolar

Pasca kesepakatan fase satu antara Amerika Serikat (AS) dan China, pasar keuangan emerging market kembali atraktif dan membuat rupiah

Rupiah Kembali Menguat, Sentuh Rp 13.997/Dolar
Kontan
ILUSTRASI: Karyawan penukaran mata uang asing menunjukan dollar Amerika Serikat di Masayu Agung, Jakarta, Rabu (05/09). 

TRIBUNJAMBI.COM, JAKARTA - Pasca kesepakatan fase satu antara Amerika Serikat (AS) dan China, pasar keuangan emerging market kembali atraktif dan membuat rupiah ikut menguat.

Mengutip Bloomberg di pasar spot, rupiah menguat 0,10% ke Rp 13.997 per dollar AS. Sementara, kurs tengah Bank Indonesia mencatat rupiah melemah 0,09% ke 14.018 per dollar AS.

Ekonom BCA David Sumual mengatakan penguatan rupiah hari ini melanjutkan respon positif pasar pada kesepakatan fase satu antara AS dan China.

"Sejauh ini pasar keuangan emerging market atraktif karena yield global cenderung menurun aset rupiah pun jadi menarik dan banyak investor asing yang masuk terutama melalui pasar modal," kata David.

Laju rupiah untuk menguat juga terbantu dengan tertekannya dollar AS akibat poundsterling cenderung rally setelah Partai Konservatif memenangkan Pemilu Inggris.

David mengatakan dollar AS juga tertekan akibat pelaku pasar masih mengkhawatirkan perang dagang AS yang meluas ke kawasan Eropa dan Korea Selatan.

Sementara, belum ada sentimen penggerak dari dalam negeri. David memproyeksikan rupiah di perdagangan Rabu (17/12), bergerak stabil di rentang Rp 13.980 per dollar AS hingga Rp 14.050 per dollar AS.

Berita ini sudah tayang di laman Kontan.co.id dengan judul: Rupiah kembali menguat ke Rp 13.997 per dollar, Selasa (17/12) Selasa, 17 Desember

Editor: fifi
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved