Advertorial

Konsisten Dukung Petani Swadaya, Yayasan Setara Jambi Raih Penghargaan di Hari Perkebunan RI Ke-62

Yayasan Setara Jambi merupakan satu-satunya CSO yang mendapatkan penghargaan pada Hari Perkebunan tahun ini

Konsisten Dukung Petani Swadaya, Yayasan Setara Jambi Raih Penghargaan di Hari Perkebunan RI Ke-62
Istimewa
Yayasan Setara Jambi raih penghargaan pada peringatan Hari Perkebunan ke-62, 10-12 Desember 2019 di Malang Jawa Timur. Penghargaan dari Direktorat Jendral Perkebunan Kementan RI untuk penerimaan penghargaan Kategori Peningkatan Produksi dan Pembangunan Kelapa Sawit Berkelanjutan. 

Konsisten Dukung Petani Swadaya, Yayasan Setara Jambi Raih Penghargaan di Hari Perkebunan RI Ke-62

TRIBUNJAMBI.COM - Tanggal 11 Desember ditetapkan sebagai hari Perkebunan Nasional, dimana Pemerintah Pusat dalam hal ini Direktoral Jendral Perkebunan selalu melaksanakan peringatan hari Perkebunan sebagai moment untuk mengumpulkan para pihak, pemerintah, petani, pengusaha dan CSO untuk bertukar informasi terbaru tentang perkembangan perkebunan dan pameran produk-produk perkebunan dari berbagai daerah di seluruh Indonesia.

Pada pelaksanaan Hari Perkebunan ke-61 tahun lalu di Bandung, Jawa Barat, Yayasan Setara Jambi berpartisipasi dalam rangka penyerahan data petani kelapa sawit, guna mendukung program satu data nasonal.

"Saat itu, Yayasan Setara menyerahkan 3.344 data petani swadaya kepada Dirjenbun secara simbolis," kata ujar Nurbaya Zulhakim, Direktur Yayasan Setara Jambi.

"Pada peringatan Hari Perkebunan ke-62, 10-12 Desember 2019 di Malang Jawa Timur, Yayasan Setara Jambi mendapatkan undangan resmi dari Direktorat Jendral Perkebunan Kementan RI untuk penerimaan penghargaan Kategori Peningkatan Produksi dan Pembangunan Kelapa Sawit Berkelanjutan," kata Baya.

Yayasan Setara Jambi merupakan satu-satunya CSO yang mendapatkan penghargaan pada Hari Perkebunan tahun ini.

Nurbaya atau yang akrab di panggil Baya, mengatakan Yayasan Setara Jambi adalah salah satu CSO local yang konsisten mendukung petani kecil swadaya untuk mewudujkan pertanian kelapa sawit berkelanjutan.

Mengapa fokus kepada petani swadaya?

Baya mengatakan karena petani swadaya pada umumnya mengembangkan pertanian kelapa sawit dengan pengetahuan terbatas, tidak ada tanggung-jawab dari pihak tertentu untuk memberikan pembinaan sebagaimana halnya dengan petani plasma.

Dengan keterbatasan resource, Yayasan Setara Jambi terus melakukan program pemberdayaan petani kelapa sawit swadaya di berbagai desa di Jambi, Sumatera Selatan dan Riau.

Halaman
12
Editor: duanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved