AJI Kota Jambi Gelar Workshop PRIMS Fitur Ekosistem Gambut dan Aktivitas Restorasi

AJI Kota Jambi bekerjasama dengan World Resource Institute (WRI) menggelar workshop Pranata Informasi Restorasi Ekosistem Gambut (PRIMS Gambut).

AJI Kota Jambi Gelar Workshop PRIMS Fitur Ekosistem Gambut dan Aktivitas Restorasi

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Jambi bekerjasama dengan World Resource Institute (WRI) menggelar workshop Pranata Informasi Restorasi Ekosistem Gambut (PRIMS Gambut), Senin (16/12/2019).

Kegiatan yang berlangsung di Swiss Belhotel diikuti 25 orang peserta dari jurnalis dan aktivis lingkungan di Jambi.

Seperti disampaikan Barnes, tim di PRIMS Badan Restorasi Gambut (BRG), PRIMS merupakan platform dalam jaringan yang menyajikan data dan perkembangan terkini restorasi lahan gambut di tujuh provinsi Indonesia yang menjadi prioritas BRG.

Ada banyak fitur yang disajikan yang bisa diakses lewat prims.brg.go.id mengenai kondisi gambut. Mulai dari luasan areal gambut yang ada di tujuh provinsi meliputi Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah dan Papua.

Korupsi Pembangunan Asrama Haji Jambi: Asep Bersaksi Tak Digaji Tiga Bulan

Muslim Ketua SMB Dituntut 5 Tahun Penjara, Buntut Pengerusakan Kantor PT WKS

Coffe Morning dengan Media, KPU Jambi Ajak Perangi Hoax

Lapas Bungo Mendadak Digeledah, Polres Bungo Kirim 60 Personel

PRIMS juga menyajikan data kerusakan gambut akibat kebakaran hutan, inventarisasi kegiatan restorasi dan memantau langsung dampak restorasi.

"Disini teman-teman jurnalis juga bisa memantau titik panas maupun kerusakan tutupan hutan yang akan terus di update per bulan, perminggu dan selalu kita pantau dalam 24 jam," kata Barnes.

Di PRIMS juga menyajikan data seputar kegiatan restorasi di desa peduli gambut, pemantauan pembuatan kanalisasi hingga indeks kelembaban tanah.

"Secara bertahap masih terus kita kembangkan, dari masukan yang kami terima mudah-mudahan PRIMS juga memudahkan kegiatan jurnalis dalam melakukan peliputan gambut," ujar Barnes.

M Ramond EPU, Ketua AJI Kota Jambi mengatakan workshop yang digelar itu diharapkan bisa memperkaya pemahaman dan sumber informasi bagi kegiatan jurnalis di Jambi saat meliput persoalan gambut.

Apa lagi Jambi merupakan salah satu provinsi yang memiliki kawasan gambut yang tersebar di tiga kabupaten di Provinsi Jambi.

"Semoga ini bisa memudahkan kerja jurnalis, memperkaya data saat melakukan peliputan isu lingkungan terutama gambut," ujar Ramond. (Dedy Nurdin)

Penulis: Dedy Nurdin
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved