Advetorial

Fachrori Dianugerahi Penghargaan Pembina Kabupaten dan Kota Peduli HAM

Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar, M.Hum kembali mengukir prestasi untuk Provinsi Jambi di tingkat nasional.

Fachrori Dianugerahi Penghargaan Pembina Kabupaten dan Kota Peduli HAM
dok.humas
Fachrori dianugerahi penghargaan sebagai Pembina Kabupaten dan Kota Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) dari Kemenkumham. 

Fachrori Dianugerahi Penghargaan Pembina Kabupaten dan Kota Peduli HAM

Humas Pemprov Jambi - Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar, M.Hum kembali mengukir prestasi untuk Provinsi Jambi di tingkat nasional. Kali ini, Fachrori dianugerahi penghargaan sebagai Pembina Kabupaten dan Kota Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) dari Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia, yang diserahkan oleh Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Republik Indonesia, Mahfud MD, dalam Peringatan Hari Hak Asasi Manusia Se Dunia ke-71 Tahun 2019, di Gedung Merdeka Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat, Selasa (10/12).

Ini merupakan kali keduanya Gubernur Jambi, Fachrori Umar memperoleh penghargaan sebagai Pembina Kabupaten dan Kota Peduli Hak Asasi Manusia, setelah sebelumnya juga menerima penghargaan kategori yang sama pada tahun 2018.

Alasan dianugerahkannya penghargaan ini kepada Gubernur Jambi adalah karena Pemerintah Provinsi Jambi dinilai berhasil membina Pemerintah Kabupaten dan Kota di Provinsi Jambi, untuk menjalankan pemerintahan berlandaskan penghormatan terhadap HAM setiap individu.

Gubernur Jambi, Fachrori Umar dianugerahi penghargaan sebagai Pembina Kabupaten dan Kota Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) dari Kemenkumham.
Gubernur Jambi, Fachrori Umar dianugerahi penghargaan sebagai Pembina Kabupaten dan Kota Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) dari Kemenkumham. (dok.humas)

Tak hanya itu, kriteria penilaian lain yakni dengan terpenuhinya 6 (enam) kategori, yaitu 1.Hak atas kesehatan, 2.Hak atas pendidikan, 3.Hak atas perempuan dan anak, 4.Hak atas kependudukan, 5.Hak atas perumahan yang layak, serta 6.Hak atas lingkungan yang berkelanjutan.

Usai menerima penghargaan, Fachrori mengatakan, wajib hukumnya bagi Pemda untuk memenuhi hak asasi rakyatnya. Pemenuhan hak hidup dasar merupakan amanat bagi pemimpin agar rakyatnya mendapatkan kelayakan di sektor pendidikan, kesehatan, perumahan, dan lingkungan hidup.

Fachrori mengatakan, dengan adanya penghargaan ini, Pemerintah Daerah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota dan semua pemangku kepentingan, harus lebih peduli lagi terhadap HAM, terutama dalam hal pendidikan, kesehatan, dan perlindungan anak dan perempuan.

“Alhamdulillah, Provinsi Jambi untuk yang kedua kalinya mendapatkan penghargaan Pembina Kabupaten dan Kota Peduli Hak Asasi Manusia, yakni mendorong kabupaten dan kota peduli HAM dan pelayanan publik berbasis HAM. Syarat dapat penghargaan ini, minimal 50 % kabupaten/kota di provinsi tersebut mendapatkan penghargaan peduli HAM,” ujar Fachrori.

Fachrori dianugerahi penghargaan sebagai Pembina Kabupaten dan Kota Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) dari Kemenkumham.
Fachrori dianugerahi penghargaan sebagai Pembina Kabupaten dan Kota Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) dari Kemenkumham. (dok.humas)


“Tahun ini kita dapat mendorong, membina, dan membangun sebagian besar kabupaten/kota peduli dengan Hak Asasi Manusi, diantaranya Kota Jambi, Kabupaten Muaro Jambi, Bungo, Sarolangun, Tanjabbar, Tanjabtim, Batanghari, Tebo, Merangin, Kerinci, dan Kota Sungai Penuh sebagai kabupaten/kota peduli HAM,” ungkap Fachrori.

Fachrori berharap agar setiap kabupaten /kota se Provinsi Jambi dapat mempertahan predikat sebagai kabupaten/kota yang peduli dengan HAM dan meningkatkan pelayanan publik yang berbasis HAM.

Editor: Teguh Suprayitno
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved