Advetorial

Sistem Pencegahan Korupsi Kota Jambi Terbaik Nasional

Fasha Terima Penghargaan Dari Wapres pada Peringatan HAKORDIA di Gedung KPK-RI.

Sistem Pencegahan Korupsi Kota Jambi Terbaik Nasional
ist
Wali Kota Jambi Syarif Fasha Terima Penghargaan Dari Wapres pada Peringatan HAKORDIA di Gedung KPK-RI 

Fasha Terima Penghargaan Dari Wapres pada Peringatan HAKORDIA di Gedung KPK-RI

JAKARTA - Momentum peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia (HAKORDIA) Tahun 2019 pada tanggal 9 Desember 2019, menjadi hari yang paling istimewa bagi masyarakat Tanah Pilih Pusako Batuah Kota Jambi. Bagaimana tidak, Kota Jambi dibawah kepemimpinan Wali Kota Dr. H. Syarif Fasha, ME, kembali mendapat kado istimewa. Kota Jambi dinyatakan sebagai Pemerintah Daerah Kota dengan Predikat Terbaik Capaian Aksi Koordinasi dan Supervisi Pencegahan Korupsi Secara Nasional Tahun 2019.

Yang lebih membanggakan, Kota Jambi masuk dalam jajaran tiga daerah terbaik, selain Kota Gorontalo dan Balikpapan, dari total 10 nominator se-Indonesia yang masuk dalam nominasi. Wali Kota Syarif Fasha juga sekaligus sebagai satu-satunya kepala daerah dari Provinsi Jambi yang berhasil meraih penghargaan bergengsi dibidang aksi melawan korupsi itu.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI Prof. DR. (HC) KH. Ma'ruf Amin dengan didampingi Ketua KPK RI Agus Raharjo, kepada Wali Kota Jambi Syarif Fasha, di Gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI di Jakarta, Senin (9/12).

Beri Jaminan Pelayanan untuk Lansia, Maulana Lantik Komda Lansia Kota Jambi

Jasa Raharja Cabang Jambi Salurkan Santunan Rp 29,5 Miliar

BMKG Ingatkan Warga Jambi Waspadaui Hujan Lebat di Kabupaten dan Kota Berikut

24 Kelurahan di Kota Jambi Rawan Banjir, BPBD Imbau Warga Waspadai Cuaca

Turut hadir pada peringatan HAKORDIA Tahun 2019 di Gedung KPK RI, Menko Polhukam Mahfud MD, Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo, Menkominfo Johnny G Plate, Ketua MPR-RI Bambang Soesatyo, Ketua DPD-RI La Nyalla Mattaliti, seluruh Komisioner KPK dan Komisioner yang baru terpilih, unsur Parpol, Duta besar negara sahabat, termasuk sejumlah kepala daerah terbaik yang juga meraih anugerah tersebut, seperti Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

HAKORDIA diperingati setiap tanggal 9 Desember melalui resolusi 58/4 pada 31 Oktober 2003 Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB). Peringatan ini dimulai setelah Konvensi PBB Melawan Korupsi pada 31 Oktober 2003 untuk meningkatkan kesadaran anti korupsi diseluruh dunia.

Dalam sambutannya, Wapres Ma'ruf Amin menyampaikan bahwa bekerjanya sistem pengawasan yang efektif baik internal maupun eksternal yang melibatkan partisipasi publik melalui keterbukaan informasi pemerintah, juga dapat menutup peluang terjadinya korupsi.

Fasha Terima Penghargaan Dari Wapres pada Peringatan HAKORDIA di Gedung KPK-RI.
Fasha Terima Penghargaan Dari Wapres pada Peringatan HAKORDIA di Gedung KPK-RI. (ist)

"Partisipasi publik dengan mengoptimalkan dan pemanfaatan teknologi informasi, dapat menutup peluang korupsi di Indonesia. Kebijakan yang dapat diterapkan antara lain melalui pengembangan sistem pemerintahan berbasis elektronik. Tanggal 20 Juli 2018, Presiden telah mengesahkan Perpres nomor 54 tahun 2018 yang memuat tiga fokus, yaitu perizinan dan tata niaga keuangan negara, reformasi birokrasi dan penegakan hukum. Pemerintah berharap aksi tersebut dapat dilaksanakan secara optimal dengan dukungan KPK dan seluruh pihak yang terkait," jelas Wapres Ma'ruf Amin

Pada kesempatan itu pula, Wali Kota Fasha turut menyampaikan apresiasinya terhadap capaian prestasi yang diraih jajaran Pemkot Jambi dalam hal aksi pencegahan korupsi secara nasional tersebut.

"Ada 9 item yang kita benahi selama ini, alhamdulillah kita mendapat nilai tertinggi untuk tiga kota terbaik pencegahan korupsi di Indonesia. Kami ucapkan terima kasih kepada ASN Kota Jambi yang telah bekerja bersama kami, mendukung kegiatan ini. Semoga prestasi ini menjadikan kita menjadi lebih baik kedepan, dalam hal pencegahan korupsi dan dalam menjalankan amanah jabatan kita, sehingga akan berbuah baik bagi kesejahteraan masyarakat Kota Jambi," terang Fasha.

Halaman
123
Editor: Teguh Suprayitno
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved