Pemkot Jambi Targetkan Angka Kelahiran di Bawah Nasional

DPPKB Kota Jambi menargetkan Persentase Laju Pertumbuhan Penduduk (LPP) dari angka kelahiran sebesar 1,4 persen.

Pemkot Jambi Targetkan Angka Kelahiran di Bawah Nasional

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Jambi menargetkan Persentase Laju Pertumbuhan Penduduk (LPP) dari angka kelahiran sebesar 1,4 persen. Angka ini lebih besar dibandingkan dengan kabupaten/kota di Provinsi Jambi.

"Target laju pertumbuhan masyarakat Kota Jambi 1,4 persen dari jumlah penduduk, ukuran itu masih dibawah nasional sekitar 2,4 persenan," sebut Kadis DPPKB Kota Jambi, Rasyid Ridho.

Tentu saja, untuk mencapainya beberapa cara dilakukan, seperti pengendalian penduduk melalui program Keluarga Berencana (KB) dengan menyasar puluhan ribu lebih Pasangan Usia Subur (PUS).

“Rencana 2020 mendatang untuk memastikan PUS atau tidak akan bekerja sama dengan KUA. Ya kita kan bekerja sama dengan KUA tiap kecamatan,” sebutnya.

Peringatan Hari Ibu di Jambi, Rahima Sampaikan Bahaya Sampah Plastik

Ini Alasan Ayu Wahyuni Lebih Suka Nyanyikan Lagu Daerah Jambi

Gratis, Bus Trans Siginjai Koridor II Bandara-Sengeti Mulai Beroperasi

Kaum Duafa dan Fakir Miskin di Sarolangun Jadi Target Komunitas Jumat Sedekah

Nantinya, di sana ada data yang dikumpulkan berupa data calon pengantin (caten) untuk diberik khutbah pra nikah. “Ini terkait KB juga, nantinya setiap mengumpulkan caten kita akan berikan program KB,” tambahnya.

Sejauh ini, sebut Rasyid Ridho, pihak DPPKB Kota Jambi mencatat terdapat 90 ribu lebih PUS, dari total jumlah Kepala Keluraga (KK) sekitar 130 ribu KK di Kota Jambi. Jumlah PUS tersebut pun menjadi sasaran pihak DPPKB Kota Jambi, untuk KB.

Rasyid menjelaskan, secara nasional terkait program KB tersebut yang mancakup alat-alat KB didroping oleh Pemprov Jambi. “Ya seperti alat kontrasepsi, sehingga kita tidak boleh pengadaan,” sebutnya.

Dari total 90 ribu PUS tersebut, saat ini sudah tercapai sekitar 75 persen yang ikut program KB. Adapun alat-alat yang biasa digunakan dalam program KB di antaranya seperti implan, pil, kondom, dan suntik.

“Alhamdulillah kita harus lebih baik dari kawan-kawan lainnya yang ada di Provinsi Jambi. Selain itu juga kita sudah melayangkan pelayanan gratis. Dan target di Kota Jambi selalu dicapai,” tutupnya. (Rohmayana)

Penulis: Rohmayana
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved