Perkemahan Pramuka Garuda Digelar Jambi, M Dianto Apresiasi Kedatangan Pramuka Malaysia

Sekda Provinsi Jambi M Dianto buka perkemahan Pramuka Garuda Golongan Siaga, Penggalang, Penegak, dan Pandega se Kwartir daerah Gerakan Pramuka Jambi.

Perkemahan Pramuka Garuda Digelar Jambi, M Dianto Apresiasi Kedatangan Pramuka Malaysia
Tribunjambi/Zulkifli
Sekda Provinsi Jambi M Dianto buka perkemahan Pramuka Garuda Golongan Siaga, Penggalang, Penegak, dan Pandega se Kwartir daerah Gerakan Pramuka Se Provinsi Jambi, digelar di lapangan Kantor Gubernur, Kamis (28/11). 

Perkemahan Pramuka Garuda Digelar Jambi, M Dianto Apresiasi Kedatangan Pramuka Malaysia

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Upacara pembukaan perkemahan Pramuka Garuda Golongan Siaga, Penggalang, Penegak, dan Pandega se Kwartir daerah Gerakan Pramuka Se Provinsi Jambi, digelar di lapangan Kantor Gubernur, Kamis (28/11).

Kegiatan itu dibuka Gubernur Jambi yang diwakili Sekda Provinsi M Dianto

Sekda Provinsi Jambi, H.M.Dianto, dalam sesi wawancara menyakatan harapannya agar perkemahan Pramuka meningkatkan persaudaraan. 

”Saya mengapresiasi kegiatan ini, apalagi acara ini juga dihadiri oleh Pramuka dari Malaysia yang telah memberikan penghargaan kepada Gubernur Jambi dan juga kepada Kwarnas dan Kakwarda Kalimatan Barat yang turut hadir hari ini. Kehadiran beliau-beliau ini menunjukkan perhatian yang besar kepada Pramuka Jambi, dan seperti yang kita ketahui bahwa Pramuka Garuda adalah tingkatan Pramuka tertinggi dan kita mendorong setiap Pramuka untuk berusaha meningkatkan keterampilannya serta sikap tindakan yang dapat menjadi tauladan dan bermanfaat bagi orang lain, memberikan kebanggaan bagi Gerakan Pramuka di masa depan menjadi calon pemimpin yang akan mengemban tugas bangsa dan negara tercinta menjadi lebih baik,” terang Sekda.

Polisi Temukan Ini Saat Seorang Bandar Narkoba di Tebo Digerebek

Korupsi Dana Desa Napal Sisik, Mahfud Ungkap Prilaku Kades

Pemkab Kerinci Rehab Puluhan Sekolah, Adirozal Ingin Pendidikan Berkualitas

Terlibat Korupsi Dana Desa, Mantan Sekcam Maro Sebo Ulu Digiring ke Lapas Muara Bulian

Kakwarda Jambi H.Sudirman,SH,MH dalam laporannya menyampaikan, kegiatan ini merupakan yang pertama dilaksanakan dan akan belangsung dari 27-30 November 2019 di Kwarda Jambi.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai evaluasi pencapaian lebih kurang 300 orang Pramuka Garuda selama tahun 2018 dan 2019 terutama dari sisi kualitas Pramuka Garuda sehingga bukan hanya jumlah yang ingin dicapai. Oleh sebab itu, Kwarda Gerakan Pramuka Jambi melalui program unggulan sampai dengan tahun 2022 menargetkan untuk mencetak 1.000 orang Pramuka Garuda yang tesebar di sebelas Kabupaten/Kota se-Provinsi Jambi. Pramuka Garuda adalah anggota Pramuka yang telah mencapai tingkatan tertinggi dalam setiap golongan. Ada Pramuka golongan siaga, penggalang, penegak, dan pandega. Dengan harapan 10 sampai lima belas tahun mendatang Provinsi Jambi akan dipimpin oleh adik-adik yang saat ini menjadi Pramuka Garuda yang dalam sikap, keterampilan, dan mempunyai kemampuan manajerial,” ungkap Sudirman.

Wakil Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Brigjen TNI Hasto Pratisno Yuwono menyatakan, Pramuka menjalankan perannya dalam mendidik dan membina karakter kaum muda melalui kegiatan yang menarik, menantang, dan mengandung pendidikan. Sebagai organisasi pendidikan non-formal, Gerakan Pramuka melengkapi pendidikan di keluarga dan di sekolah.

Hasto menyatakan bahwa tantangan untuk memajukan Gerakan Pramuka ke depan tetap akan semakin besar. “Tindak lanjut dengan terbitnya Undang-Undang Gerakan Pramuka menuntut kita sebagai lembaga pendidikan bagi kaum muda. Perkemahan ini bertujuan untuk mempererat tali persaudaraan, persatuan, dan keakraban bagi Pramuka Garuda di jajaran Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jambi karena di Pramuka ini semboyan Sekali Pramuka Tetap Pramuka sebagai Seorang Pramuka Garuda, artinya kalian telah memenuhi syarat dan kecakapan sesuai dengan golongan. Dimasa depan, menjadi calon pemimpin menjadi lebih baik bila saja di setiap wilayah ada 1.000 Pramuka Garuda, maka saya yakin Indonesia kedepan jauh lebih baik dari sekarang, juga kesempatan bagi kalian menjadi pemimpin pada masa yang akan datang negara ini membutuhkan pemimpin-pemimpin yang amanah jujur dan peduli dengan rakyat yang dipimpinnya,” terang Hasto.

Ketua Persekutuan Pengakap Negeri Sabah Malaysia  Datuk Dr.Awang Zaini dan Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Kalimantan Barat, H.Suryadi turut hadir dalam acara tersebut.

Penulis: Zulkifli
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved