Kejar Target PBB, Pemkab Batanghari Foto Bangunan Pakai Drone, Hasilnya Mengejutkan

Target Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) di Kecamatan Muara Bulian, Kabupaten Batanghari pada 2020 mendatang dipastikan naik lima kali lipat.

Kejar Target PBB, Pemkab Batanghari Foto Bangunan Pakai Drone, Hasilnya Mengejutkan

TRIBUNJAMBI.COM, MUARABULIAN - Target Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) di Kecamatan Muara Bulian, Kabupaten Batanghari pada 2020 mendatang dipastikan naik lima kali lipat.

Pemkab Batanghari menargetkan PBB yang semula Rp1 miliar tahun ini naik menjadi Rp 6 miliar. 

Kepala Bidang PBB dan BPHTP Bakeuda Batanghari, Azhar mengaku untuk mengoptimalkan target tersebut, pihaknya melakukan foto udara menggunakan drone kepada wajib pajak di Kecamatan Muara Bulian.

"Khusus di Kecamatan Muara Bulian ini menjadi pilot project kami dan sudah berjalan 85 persen, kita targetkan akhir tahun ini rampung. Setelah Muara Bulian, kita akan beranjak ke Kecamatan Maro Sebo Ulu," ujarnya saat dikonfirmasi, Kamis (28/11).

Belum Final, BKPSDMD Tanjab Timur Masih Tunggu Berkas CPNS

Eselon III dan IV Akan Dipangkas, 1.000 Lebih Pejabat Jambi Terancam

1.000 Orang Lebih Mengidap HIV/AIDS, Dinas Kesehatan Jambi Lakukan Hal Ini

Dari hasil foto udara di lapangan yang telah dilakukan oleh pihaknya, kata Azhar, hasilnya banyak ditemukan sumber wajib pajak baru yang belum terdata nomor objek pajaknya.

"Hal inilah yang membuat terget PBB di Kecamatan Muara Bulian meningkat drastis," katanya.

Lebih lanjut dijelaskannya, dengan foto udara, bisa diketahui bahwa masyarakat yang pada awalnya hanya membayar PBB untuk satu bangunan. Ternyata setelah dicek, mereka sudah memiliki bangunan baru.

"Dengan ini, masyarakat tak dapat berkilah lagi. Mereka harus membayar pajak untuk bangunan yang telah mereka tambah," ujarnya.

Pengerjaan foto udara menggunakan drone ini, ditambahkan Azhar, dilakukan tanpa melibatkan pihak ketiga melainkan secara swadaya. "Kami bekerja secara swadaya karena hasil fotonya lebih bagus dan maksimal kerjanya," tambahnya.

Ia berharap dengan difungsikannya foto udara ini bisa memaksimalkan PAD di Kabupaten Batanghari.

"Semoga sumber pendapataan asli daerah Kabupaten Batanghari meningkat dengan difungsikannya foto udara," pungkasnya. (*)

Penulis: Rian Aidilfi Afriandi
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved