Pemkab Muaro Jambi Sediakan Dana Rp 25 Juta Untuk Replanting Sawit, Ayo Ajukan Proposalnya Sekarang!

Program replanting atau peremajaan kebun kelapa sawit, telah menjadi perhatian pemerintah Indonesia sejak beberapa tahun terakhir. Untuk itu

Pemkab Muaro Jambi Sediakan Dana Rp 25 Juta Untuk Replanting Sawit, Ayo Ajukan Proposalnya Sekarang!
Istimewa
Pemerintah Kabupaten Muarojambi melalui Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Muarojambi mengajak kepada seluruh masyarakat Kabupaten Muarojambi untuk dapat memanfaatkan program replanting tersebut. 

TRIBUNJAMBI.COM, SENGETI- Program replanting atau peremajaan kebun kelapa sawit, telah menjadi perhatian pemerintah Indonesia sejak beberapa tahun terakhir. Untuk itu, pemerintah menunjuk Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) guna membantu petani dengan dana hibah senilai Rp25 juta perhektar.

Pemerintah Kabupaten Muarojambi melalui Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Muarojambi mengajak kepada seluruh masyarakat Kabupaten Muarojambi untuk dapat memanfaatkan program replanting tersebut. Hal ini di sampaikan oleh Kepaa Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Muarojambi, Ir Zulkarnain.

Untuk Kabupaten Muarojambi, di sampaikan oleh Ir Zulkarnain bahwa ada banyak kebun kelapa sawit yang sudah memasuki usia untuk melakukan replanting. Setidaknya ada 21. 755 hektare kelapa sawit yang perlu di lakukan peramajaan, guna peningkatan produksi buah kelapa sawit.

Area Sungai Bahar, Area Sungai Gelam dan Area Sekernan dan Kumpeh, merupakan fokus peremajaan kebun sawit. Area Sungai Gelam seluas 1,600 Hektare, Area Sekernan dan Kumpeh seluas 155 Hektare, Area Sungai Bahar seluas 20,000 Hektare. Jadi Total untuk peremajaan ada Seluas 21.755 Hektare,"ujarnya

Lebih lanjut disampaikan oleh Ir Zulkarnain bahwa ada kriteria-kriteria teknis untuk masyarakat dapat menggunakan bantuan tersebut yakni umur tanaman diatas 25 tahun atau Produktivitas < atau = 10 ton TBS/ha/th pada umur tanaman minimal 7 tahun
dan berasal dari benih illegitim.

"Komponen peremajaan tanaman kelapa sawit yg akan dibiayai sebesar Rp 25 juta perhektare berupa Komponen peremajaan tahap awal. Peremajaan Kelapa Sawit tahap awal meliputi Pengadaan benih, Penanaman, Pemeliharaan, Kegiatan mendukung keberhasilan peremajaan,"jelasnya

Di sampaikan olehnya bahwa persyaratan pengajuan proposal semula 14 syarat menjadi 8 syarat sesuai Permentan 07 Tahun 2019, pasal 43 ayat 1 yaitu Kelembagaan Pekebun. Kemudian minimal 50 Ha dengan radius 10 KM serta Kartu Tanda Penduduk, dan Kartu Keluarga atau surat keterangan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

"Rekening Bank Aktif, STDB atau surat keterangan. Kemudian Kepemilikan Lahan tidak dalam sengketa, Legalitas Lahan dan SK Calon pnerima dan calon lokasi," pungkasnya.

Pemerintah Kabupaten Muarojambi melalui Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Muarojambi mengajak kepada seluruh masyarakat Kabupaten Muarojambi untuk dapat memanfaatkan program replanting tersebut.
Pemerintah Kabupaten Muarojambi melalui Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Muarojambi mengajak kepada seluruh masyarakat Kabupaten Muarojambi untuk dapat memanfaatkan program replanting tersebut. (Istimewa)
Penulis: samsul
Editor: rida
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved