Bank Jambi Targetkan Persentase Kredit Produktif Naik Jadi 30 Persen

Bank Jambi mempunyai target meningkatkan perbandingan kredit konsumtif 70 persen berbanding kredit produktif naik jadi 30 persen.

Bank Jambi Targetkan Persentase Kredit Produktif Naik Jadi 30 Persen
Tribunjambi/Fitri Amalia
Bank jambi terus miningkatkan portofolio kredit konsumtif berbanding kredit produktif. 

Bank Jambi Targetkan Persentase Kredit Produktif Naik Jadi 30 Persen

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Bank Jambi terus meningkatkan portofolio kredit konsumtif berbanding kredit produktif, awal tahun 2015 perbandingan kredit konsumtif sebesar 90 persen dan kredit produktif 10 persen, tetapi saat ini persentase kredit konsumtif sebesar 82 persen dan persentase kredit produktif naik menjadi 18 persen.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Pemasaran dan Syariah, Dr.H.Yunsak El Halcon, SH, M.Si.

“Sekarang itu, hasilnya sudah semakin nyata, bahwa kredit produktif itu semakain naik di angka 18 persen, walau dominasi masih kredit konsumtif," ujarnya.

Dia mempunyai target meningkatkan perbandingan kredit konsumtif 70 persen berbanding kredit produktif naik jadi 30 persen, melalui pinjaman berbunga murah Tuntas 21. Bank Jambi terus fokus menyalurkan ke daerah pedesaan. Hal ini juga bersamaan dengan pengenalan digitalisasi kepada pelaku usaha.

Manajemen Aset Pemprov Jambi Disorot, KPK Beri Target hingga 2020, Ini yang Terjadi Jika Diabaikan

Fasha Merasa Malu Jambi Tak Ajukan Diri Sebagai Tuan Rumah PON

Bantahan Dinas Pendidikan Soal Sidak di Asrama SMA Titian Teras Jambi, Tak Ada Rekam Video

“Memang platformnya seperti itu, Bank Jambi itu lebih fokus ke pedesaan, kalaupun ada sekitar 5-10 persen kredit sindikasi, tapi kita basic pembiayaan kredit dari dalam Provinsi Jambi yang menyetuh ke pedesaan, tapi itu kita kenalkan dengan digitalisasi, karena saat ini semua serba digital, nanti pembayaran (payment) harus digital," katanya.

Jika capaian Bank Jambi tahun 2019 meningkat, di tahun 2020 target untuk konsumtif sebesar 75 persen dan produktif naik menjadi 25 persen dengan titik berat produktif baru termasuk KUR dan kerjasama dengan Salim group. Angka tersebut juga akan meningkat secara bertahap sesuai dengan transformasi Bank Pembangunan Daerah.

Bank Jambi juga bekerja sama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Jambi menyalurkan kredit ke pedesaan melalui program inklusi keuangan sehingga akses masyakat ke lembaga keungan akan semakin mudah. Melalui Agen 9 Bank Jambi dan penyaluran kredit melalui kluster untuk sektor prioritas untuk mempermudah monitoring dan collection.

“Bank Jambi menyediakan kredit dengan bunga 3 persen yang diberikan kepada pengusaha mikro, baik di sektor produksi maupun perdagangan, kita juga bekerja sama dengan Vendor perihal Data Base dan verifikasi OJK. Mereka memverifikasi calon peminjam dengan melihat tempat tinggal, kemampuan membayar dan lainnya selanjutnya Bank Jambi memberikan fasilitas kredit," imbuh Yunsak.

Selain dari segi teknologi dan pelayanan, Bank Jambi juga memperkuat SDM yang dimiliki dengan mengadakan pelatihan bagi karyawan secara berkesinambungan, baik melalui inhouse training dengan mendatangkan pemateri dari luar maupun melalui pelatihan eksternal melalui lembaga-lembaga yang sudah terakreditasi dengan baik, misalnya LPPI.

Halaman
123
Penulis: fitri
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved