Siswa-siswi SMPN 19 Batanghari Lebih Percaya Diri, Guru-gurunya Ikut Pelatihan Pembelajaran Aktif

Tak lepas dari peran para guru di SMPN 19 Batanghari. Satu di antara guru, yakni Nelly Susmita (48), guru Bahasa Indonesia

Siswa-siswi SMPN 19 Batanghari Lebih Percaya Diri, Guru-gurunya Ikut Pelatihan Pembelajaran Aktif
tribunjambi/rian aidilfi afriandi
Guru menyampaikan pendapat di depan kelompok mapel, mereka akan menerapkan hal serupa ketika mereka kembali mengajar di kelas. Hal ini membuat siswa lebih berani dan percaya diri 

Siswa-siswi SMPN 19 Batanghari Lebih Percaya Diri, Guru-guru Ikut Pelatihan Pembelajaran Aktif

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Rian Aidilfi Afriandi.

TRIBUNJAMBI.COM, MUARABULIAN - Dua tahun yang lalu, kepercayaan diri siswa SMPN 19 Batanghari untuk tampil di depan kelas masih banyak yang belum berani, hal ini dikarenakan belum menerapkan pembelajaran aktif.

Kini, sekolah yang berlokasi di Jalan Gajah Mada, KM 68, Kecamatan Muara Bulian tersebut memiliki banyak perubahan. Salah satunya adalah kepercayaan diri siswa semakin tumbuh.

Hal tersebut ternyata tak lepas dari peran para guru di SMPN 19 Batanghari. Satu di antara guru, yakni Nelly Susmita (48), guru Bahasa Indonesia SMPN 19 Batanghari.

Ia mengatakan, dirinya aktif dalam sebuah pelatihan yang ia ikuti. Pelatihan itu adalah pembelajaran aktif Program PINTAR Tanoto Foundation.

Erick Thohir Kesal dengan Petinggi BUMN yang Satu Ini, Disaat Rugi Malah Makan di Restoran Mewah

Pelatihan yang ia ikuti tersebut juga diikuti 66 guru mata pelajaran kecamatan mitra Tanoto Foundation yaitu Kecamatan Pemayung dan Kecamatan Muara Bulian.

"Kini siswa saya terbiasa mempresentasikan hasil diskusi di kelompoknya dan di depan kelas. Beda dengan sebelumnya," ujarnya di aula Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Batanghari, Rabu, (20/11).

Fhilal Akmal Raihan (14), siswa kelas VIII SMPN 19 Batanghari yang merupakan salah satu muridnya, kata Nelly kini lebih berani ikut lomba drama, seperti lomba drama Tapa Melenggang dalam rangka HUT Kabupaten Batanghari tahun 2019.

"Dulu Fhilal itu pendiam dan pemalu, ia kini terbiasa menyampaikan gagasan sendiri di depan kelas dan kelompok, membuatnya berani tampil seperti teman-teman lainnya yang mengikuti lomba," ujarnya.

Divonis 17 Tahun, Ini Hal-hal yang Memberatkan dan Meringankan Pembunuh Kades Sekampil Bungo

Halaman
12
Penulis: Rian Aidilfi Afriandi
Editor: nani
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved