Pilkades Serentak Tanjabtim

Cakades Harus Tau, Ini Sanksi Pelanggaran yang Dapat Menggugurkan Kemenangan

Ini yang perlu diketahui para Cakades selama masa tenang berjalan, jika terbukti lakukan pelanggaran masa tenang

Cakades Harus Tau, Ini Sanksi Pelanggaran yang Dapat Menggugurkan Kemenangan
tribunjambi/abdullah usman
Kabag Pemdes Setda Tanjab Timur Abdul Rojak 

Laporan Wartawan Tribunjambi.com Abdullah Usman 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA SABAK - Ini yang perlu diketahui para Cakades selama masa tenang berjalan, jika terbukti lakukan pelanggaran masa tenang keputusan menang Cakades dapat digugurkan, Kamis (14/11).

Seperti pada pemilihan umum lainnya, jelang pemilihan terdapat masa tenang dimana para calon tidak lagi dibolehkan melakukan kampanye maupun mencari dukungan suara dengan cara apapun.

Jika terbukti para Cakades melakukan pelanggaran kampanye dimasa tenang, tentunya akan mendapat sanksi baik sanksi ringan hingga sanksi tegas pembatalan kemenangan Cakades.

Hal tersebut disampaikan Kabag Pemdes Tanjabtim Abdul Rojak, dikatakannya bagi para cakades diimbau untuk mematuhi dan mentaati aturan selama masa tenang berjalan. 

Tes Kepribadian Forest, Tunjukkan Karakter Lewat Bunga dari Benih Rahasia

"Jika cakades melanggar tentunya akan ada sanksi, sanksi terberat bisa saja kemenangan kades dapat digugurkan tentunya setelah ada putusan bersalah oleh pengadilan," jelasnya.

Kemenangan cakades dapat saja dibatalkan, meskipun sudah jadi atau terpilih berdasarkan hasil pemilihan. Namun hal tersebut bisa batal jika ada laporan indikasi kecurangan dengan bukti yang jelas. 

"Ditambah adanya putusan pengadilan yang memutuskan bersalah  maka penetapan sebagai calon terpilih bisa digugurkan," tambahnya

Kesalahan tersebut semisal cakades terbukti menggunakan ijazah palsu, kampanye diluar masa yang ditentukan, mani politik dan lainnya.

"Sejauh ini belum ada laporan atau indikasi cakades yang menggunakan ijazah palsu," pungkasnya.

Halaman
12
Penulis: Abdullah Usman
Editor: nani
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved