Ruang Belajar SDN 212 Kota Jambi Rusak Parah, Rubiati: Saya Takut Roboh Menimpa Siswa

Dua ruang belajar SDN 212 di Kelurahan Kenali Asam Bawah, Kecamatan Kotabaru, rusak parah.

Ruang Belajar SDN 212 Kota Jambi Rusak Parah, Rubiati: Saya Takut Roboh Menimpa Siswa
Tribunjambi/Rohmayana
Ruang belajar SDN 212 Kota Jambi rusak parah. 

Ruang Belajar SDN 212 Kota Jambi Rusak Parah, Rubiati: Saya Takut Roboh Menimpa Siswa

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI – Dua ruang belajar SDN 212 di Kelurahan Kenali Asam Bawah, Kecamatan Kotabaru, rusak parah. Ini terbukti dari adanya retakan di beberapa bagian dinding kelas yang cukup besar. Kelas itu digunakan untuk belajar siswa kelas I dan II.

Kerusakan ini sudah beberapa tahun lalu. Sampai saat ini belum dilakukan perbaikan, hingga satu ruang kelas harus dikosongkan menjadi gudang dan aktifitas belajar siswa terpaksa dipindahkan ke ruang lainnya.

Dari pantauan Tribunjambi.com keretakan ruang belajar tak hanya kelas itu saja. Beberapa kelas lainnya juga  retak walaupun tidak separah di dua kelas tersebut. Menyikapi ini, perwakilan Komisi IV DPRD Kota Jambi meninjau langsung kondisi sekolah tersebut.

Kondisinya saat ini retakan di dinding ruang kelas memang cukup membahayakan. Apalagi ada beberapa siswa yang duduk tepat di sebelah dinding yang retak.

Calon Independen Butuh 21.428 Dukungan untuk Bertarung di Pilkada Tanjab Barat 2020

Puluhan Tahun Mengabdi Tapi Nasibnya Terlunta-lunta, Honorer K2 Kota Jambi Minta Perlindungan Hukum

10 Cabor Dicoret di PON 2020 Papua, Koni Harapkan Jambi Bisa Peringkat 15

Rubiati selaku Kepala SD 212 mengaku, tak mengetahui pasti apa penyebab dinding kelas tersebut retak. Namun, ia menduga kerusakan tersebut dikarenakan faktor usia bangunan yang sudah cukup lama.

“Iya pak kebetulan saya baru juga di sini. Ini juga bangunannya sudah lama pak yang retrak ini, dibangun tahun 1977,” aku Rubiati.

Kini, ruangan kelas yang mengalami kerusakan cukup parah tersebut terpaksa dialihkan menjadi tempat penyimpanan barang. Rubiati juga mengaku, pihak sekolah telah beberapa kali mengusulkan perbaikan. Namun hingga kini belum ada tanda-tanda akan diperbaiki.

“Dulu juga sudah pernah ada yang datang dari dinas pak. Tapi ya memang belum diperbaiki, kita harap ada perhatian lah. Karena ini juga demi keselamatan siswa kita juga,” jelasnya.

Terpisah, Supardi selaku Kabid SMP Disdik Kota Jambi menyebutkan, sekolah tersebut masih dalam kategori rusak sedang.

“Untuk perbaikannya nanti bisa menggunakan dana bos jika memungkinkan. Tapi jika memang harus dirobohkan akan kita robohkan. Tapi nanti akan kita carikan solusinya,” singkatnya.

Sementara Kemas Faried Alfarelly mewakili Komisi IV DPRD Kota Jambi yang melihat langsung kondisi di lapangan, mengaku sangat prihatin dengan kondisi sekolah tersebut. Bahkan, Kemas sempat meminta siswa yang sebelumnya duduk di samping dinding yang retak, agar pindah ke begaian yang aman.

PENTING Ini Formasi dan Persyaratan Pendaftaran CPNS Tanjab Barat 2019

Sengketa Lahan PT Kaswari Berlanjut ke Jalur Hukum, Bupati Romi Minta Warga Cari Pengacara Handal

Sudah Disetop Karni Ilyas, Djarot Saiful Tetap Bela Ahok di ILC saat Debat dengan Taufiqurrahman

“Ini bahaya tentunya, seperti kejadian yang di Jawa Timur itu. Sekolah roboh dan menimpa siswa-siswa. Jangan sampai seperti itu,” sebutnya.

Menurutnya pihaknya akan segera memanggil Dinas Pendidikan Kota Jambi dan Dinas PUPR Kota Jambi, terkait penanganan apa yang harus dilakukan dalam waktu dekat. (Rohmayana)

Penulis: Rohmayana
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved