Terungkap Segini Upah Para Pelaku Penyelundupan Benih Lobster di Jambi

Direktorat Kriminal Khusus Polda Jambi berhasil mengamankan ribuan benih lobster yang akan dikirim ke Vietnam.

Terungkap Segini Upah Para Pelaku Penyelundupan Benih Lobster di Jambi
Tribunjambi/Fadly
Direktorat Kriminal Khusus Polda Jambi berhasil mengamankan ribuan benih lobster yang akan dikirim ke Vietnam. 

Terungkap Segini Upah Para Pelaku Penyelundupan Benih Lobster di Jambi

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Direktorat Kriminal Khusus Polda Jambi berhasil mengamankan ribuan benih lobster yang akan dikirim ke Vietnam.

Hal tersebut dikatakan oleh Direkrimsus Polda Jambi Kombes Pol Thein Tabero saat menggelar jumpa pers di Mapolda Jambi. "Kita berhasil amankan dua jenis, yakni 51 ribu ekor jenis Pasir, dan 673 jenis Mutiara," jelasnya. Senin (11/11).

Ia mengatakan benih lobster ini diamankan di kawasan Jalan Sultan Hasanudin Talang Bakung, Jambi Selatan Kota Jambi. "Di sebuah rumah milik Andi Fahrizal. Kita amankan pada tanggal (9/11) sekira pukul 23.30 WIB," jelasnya.

CPNS 2019, Pemkab Tanjab Timur Buka Pendaftaran Mulai Malam Ini, Catat Jam dan Tanggalnya

Warga Kerinci Ketakutan Rumahnya Bolak-balik Disatroni Maling, Minta Polisi Cepat Bertindak

Ratusan ASN Tanjab Barat Diambil Sumpah, Bupati Safrial Berikan Pesan Penting Ini

Di sana, tim Subdit II Ditreskrimsus Polda Jambi berhasil mengamankan 6 orang pelaku. "Masing-masing pelaku memiliki peran, yakni Mustakim sebagai driver, M Lani sebagai tukang packing, Rudi sebagai tukang paking, M Guntur, Maksudin dan Andi fahrizal pemilik rumah," jelasnya.

Tabero juga mengatakan masing-masing pelaku mendapatkan upah berbeda. "Untuk packing Rp3 juta rupiah, dan supir Rp1 juta," jelasnya.

Ia juga mengatakan dari hasil keterangan para pelaku aksi ini tidak hanya sekali dilakukan. "Pelaku mengakui bahwa mereka berpindah-pindah tempat untuk melakukan pergantian oksigen, untuk di rumah milik Andi sedang kita dalami sudah berapa lama mereka beroperasi," jelasnya.

Sebelumnya Ditreskrimsus Polda Jambi berhasil menggerebek tempat pergantian benih Lobster pada tanggal (9/11) sekira pukul 23.30 WIB di Jalan Sultan Hasanudin Kelurahan Talang Bakung Kecamatan Jambi Selatan Kota Jambi.

Tim berhasil mengamankan benih lobster dalam sebuah mobil, dikemas dalam 260 katong plastik dan dibagi 9 styrofoam dengan total 51 ribu ekor benih lobster jenis Pasir dan 673 jenis Mutiara. "Dengan total kerugian negara sekitar Rp 7,7 milyar," tutupnya.

Menurut keterangan para pelaku, bahwa benih lobster ini berasal dari Lampung. "Dari Lampung mampir ke rumah pelaku untuk pergantian oksigen lalu kembali dibawa ke Tanjabtim, dan kemudian dikirim ke Vietnam" jelasnya.

Tabero juga mengatakan sebagian dari benih lobter telah dilepaskan di wilayah Padang Pariaman. "Setelah kita lakukan penggerebekan, sebagian telah dilepaskan di Padang Pariaman," ungkapnya.

Penulis: Muuhammad Ferry Fadly
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved