Nilai Investasi di Muarojambi Merosot Ratusan Triliun Akibat Ditinggal Investor Asing

Meskipun jumlah Penanaman Modal Asing (PMA) di Kabupaten Muarojambi tahun ini menurun, akan tetapi jumah PMDN mengalami peningkatan.

Nilai Investasi di Muarojambi Merosot Ratusan Triliun Akibat Ditinggal Investor Asing
Tribunjambi/Samsul Bahri
Pelayanan di Kantor DMPTS Senin (11/11). Peningkatan pelayanan jadi salah satu faktor peningkatan PMDN di Muarojambi. 

Nilai Investasi di Muarojambi Merosot Ratusan Triliun Akibat Ditinggal Investor Asing

TRIBUNJAMBI.COM, SENGETI- Meskipun jumlah Penanaman Modal Asing (PMA) di Kabupaten Muarojambi tahun ini menurun, akan tetapi jumah Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) mengalami peningkatan. Hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang Penanaman modal di DMPTSP Kabupaten Muarojambi, Saifudin Sobri.

Ia menyebutkan bahwa untuk PMDN mengalami peningkatan sebanyak 9 investor dalam negeri dibanding tahun sebelumnya. Pada 2018 lalu untuk PMDN hanya ada 67 sementara sampai dengan Juni 2019 ada sebanyak 76 PMDN.

"Kalo ditanya faktor mungkin salah satunya adanya peningkatan pelayanan di kita itu pasti. Jadi proses perizinan di permudah dengan adanya program kegiatan OSS (online singel submission)," sebutnya.

Jumlah Investor Asing di Muarojambi Merosot, Diduga Akibat Ekonomi yang Buruk

Pendaftaran CPNS 2019 Dimulai 11 November Hari ini, Kabupaten Sarolangun Buka 193 Formasi

KPK Akan Hadirkan Zumi Zola untuk Jadi Saksi Kasus Asiang Besok

Ia menerangkan bahwa proses perizinan dengan online lebih mempermudah dalam perizinan terkait dengan invetasi khususnya. Pelaku usaha dikatakan oleh Saifudin hanya datang untuk membawa bahan persyaratan yang telah diinformasikan di online.

"Syarat diperiksa, mencukupi sudah tinggal kita daftarkan," terangnya.

Namun di lain sisi, penurunan terhadap investor asing atau PMA sepertinya berdampak pada nilai investasi di Kabupaten Muarojambi. Bahkan secara data yang ada mengalami penurunan yang cukup drastis.

Berdasarkan data nilai investasi pada tahun 2018 dari PMD dan PMDN di Kabupaten Muarojambi mencapai Rp 368,085 triliun. Sementara Januari sampai dengan Juni 2019 nilai investasi hanya Rp 3,190 triliun.

"Memang terjadi penurunan, ini baru berjalan pertengahan tahun diharapkan akhir tahun terjadi peningkatan investasi harapannya juga bisa melebihi targetlah," pungkasnya.

Penulis: samsul
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved