Siaga Darurat Karhutla Dicabut

M Dianto: Alhamdulillah di Sela-sela Kelelahan Pemadaman Karhutla, Hujan Turun

Sekda Provinsi Jambi M Dianto, menyebut apa yang telah dilaksanakan Tim Satgas Karhutla tersebut sudah berjalan dengan baik.

M Dianto: Alhamdulillah di Sela-sela Kelelahan Pemadaman Karhutla, Hujan Turun
Tribun Jambi/Zulkifli
Status siaga darurat karhutla di Provinsi Jambi dicabut. Pencabutan itu diumumkan sekaligus Apel Penutupan Siaga darurat Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan Provinsi Jambi tahun 2019, di lapangan Makorem 042/Garuda Putih, Senin (11/11). 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Personel yang terlibat dalam upaya pemadaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Jambi sepanjang 2019 sekira 1.500 orang.

Personel itu terdiri dari TNI, Polri, BPBD, SAR, nantuan pemerintah kabupaten kota, Manggala Agni dan lain sebagainya.

Sekda Provinsi Jambi M Dianto, menyebut apa yang telah dilaksanakan Tim Satgas Karhutla tersebut sudah berjalan dengan baik.

Begini Jawaban Prabowo saat Ditekan Anggota DPR RI Fraksi PDIP soal Buka-bukaan Anggaran Kemenhan

Ratusan ASN Tanjab Barat Diambil Sumpah, Bupati Safrial Berikan Pesan Penting Ini

BREAKING NEWS Status Siaga Darurat Karhutla di Jambi Dicabut, Total 7.048 Hotspot

"Dan alhamdulillah juga di sela-sela kita kelelahan dengan begitu banyaknya karhutla, dan berupaya melakukan pemadaman, Jambi mendapatkan berkah cepat turunnya hujan," sebutnya, setelah memimpin apel penutupan status siaga darurat karhutla, di lapangan Makorem 042/Garuda Putih, Senin (11/11).

Selain itu, dikatakan M Dianto, untuk anggaran Satgas Penanggulangan Karhutla Provinsi Jambi berasal dari bantuan BNPB, tanpa menyebut secara rinci nominalnya.

"Ada anggaran siap pakai di BNPB. Kita cuma mengajukan. Berapapun kebutuhkan di lapangan sesuai jumlah personel itu diakomodir," ujar Sekda.

Untuk anggaran dari APBD sendiri, disebutkan Sekda, sudah ada dianggarkan namun tidak terpakai karena tidak memenuhi syarat pencairan yaitu hanya ada satu daerah kabupaten yang menaikkan status siaga darurat menjadi tanggap darurat.

"Baru satu, kalau ada dua kabupaten yang menaikkan, maka dana biaya tak terduga yang kita siapkan bisa dikucurkan," sebutnya.

Informasi terbaru, status siaga darurat karhutla di Provinsi Jambi dicabut.

Pencabutan itu diumumkan sekaligus Apel Penutupan Siaga darurat Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan Provinsi Jambi tahun 2019, di lapangan Makorem 042/Garuda Putih, Senin (11/11).

Apel dikuti personel Satuan Tugas Penanggulangan Bencana Karhutla Provinsi Jambi.

Sekertaris Daerah Provinsi Jambi, M Dianto, mewakili Gubernur Jambi bertindak sebagai pembina upacara.

Sekda menyampaiakan sepanjang 2019 hingga berakhirnya status siaga darurat karhutla tanggal 10 November 2019, berdasarkan pantauan sensor modis satelit Terra Aqua BMKG titik hotspot di Provinsi Jambi sebanyak 7.048 titik.

Kemudian total luas lahan yang terbakar sebanyak 11.732 hektare.

Luasan terbanyak di Kabupaten Muarojambi sebanyak 4.054 hektare, dan paling sedikit di Kabupaten Merangin seluas 126 hektare. (Zulkifli / Tribunjambi.com)

MAYAT dalam Koper Ditemukan di Jurang Kawasan Hutan PInus, Mulut Dilakban & Ditutupi Plastik

TIDAK Digubris Gus Dur, Pesan Para Kiai Terbukti saat Dia Jatuh dari Kursi Presiden; Begini Kisahnya

Foto-foto Keluarga Agnez Mo yang Tak Pernah Terungkap ke Publik, Siapa Ricky Muljoto?

Penulis: Zulkifli
Editor: duanto
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved