Ekonomi Jambi Tumbuh 4,31 Persen, BPS Jambi Sebut Ada Kaitan dengan Karhutla dan Kemarau

Ekonomi Provinsi Jambi pada triwulan III-2019 tumbuh 4,31 persen. Dadang Hardiwan, Kepala BPS Provinsi Jambi menyebut pertumbuhan ini didukung...

Ekonomi Jambi Tumbuh 4,31 Persen, BPS Jambi Sebut Ada Kaitan dengan Karhutla dan Kemarau
ist
Dadang Hardiwan, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jambi. 

Ekonomi Jambi Tumbuh 4,31 Persen, BPS Jambi Sebut Ada Kaitan dengan Karhutla dan Kemarau

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Ekonomi Provinsi Jambi pada triwulan III-2019 tumbuh 4,31 persen. Dadang Hardiwan, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jambi mengatakan pertumbuhan ini didukung oleh semua lapangan usaha.

"Pertumbuhan tertinggi dicapai oleh Jasa Kesehatan dan Kegiatan Sosial sebesar 10,43 persen; diikuti Real Estate sebesar 8,55 persen; serta Jasa Pendidikan sebesar 8,05 persen," paparnya.

Struktur PDRB Provinsi Jambi menurut lapangan usaha atas dasar harga berlaku pada triwulan III-2019 tidak menunjukkan perubahan yang berarti.

Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan 28,10 persen; Pertambangan dan Penggalian 17,58 persen; Perdagangan Besar maupun Eceran, Reparasi Mobil-Sepeda Motor 12,57 persen; serta Industri Pengolahan 10 persen masih mendominasi PDRB Provinsi Jambi.

3 Sekolah Tersangkut Masalah Dana BOS, Dewan Akan Panggil Pihak Dinas Pendikan Kota Jambi

Bakri Tawarkan Kursi Wagub Untuk Gerindra, SAH, Muradi, atau Ramli Taha?

Nilai Investasi di Muarojambi Merosot Ratusan Miliar Akibat Ditinggal Investor Asing

Bila dilihat dari penciptaan sumber pertumbuhan ekonomi Provinsi Jambi triwulan III-2019 (y-on-y), Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan menjadi sumber pertumbuhan tertinggi sebesar 1,39 persen. Diikuti dengan perdagangan Besar dan Eceran sebesar 0,73 persen, Konstruksi sebesar 0,54 persen, serta Pertambangan dan Penggalian sebesar 0,28 persen.

"Ekonomi Provinsi Jambi triwulan III-2019 terhadap triwulan sebelumnya (q-to-q) tumbuh sebesar 1,35 persen, kemarau serta kebakaran hutan dan lahan (karhutla) berefek pada tingginya pemakaian listrik untuk pendingin ruang dan lainnya, hal tersebut berdampak pada meningkatnya pertumbuhan ekonomi kategori Pengadaan Listrik dan Gas 6,66 persen," jelasnya.

Dadang melanjutkan, bila dilihat dari penciptaan sumber pertumbuhan ekonomi Provinsi Jambi triwulan III-2019 (q-to-q), Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan merupakan sumber pertumbuhan tertinggi sebesar 0,59 persen, diikuti Industri Pengolahan sebesar 0,35 persen dilanjutkan Konstruksi sebesar sebesar 0,31 persen.

"Ekonomi Provinsi Jambi kumulatif sampai dengan Triwulan III-2019 dibanding periode yang sama tahun sebelumnya (c-to-c) tumbuh 4,54 persen dan pertumbuhan terjadi pada semua lapangan usaha," katanya.

Pertumbuhan tertinggi dicapai oleh Perdagangan Besar dan Eceran, Reparasi Mobil dan Sepeda Motor sebesar 8,50 persen. Menyusul Konstruksi sebesar 7,66 persen, serta Jasa Kesehatan dan Kegiatan Sosial sebesar 6,99 persen.

Penulis: fitri
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved