13 Desa di Kabupaten Batanghari Dapat Bantuan 642 Unit LTSHE dari Kementerian ESDM

Pemkab Batanghari tahun ini mendapat bantuan hibah berupa Listrik Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) sebanyak 642 unit.

TRIBUNJAMBI.COM, MUARABULIAN - Pemkab Batanghari tahun ini mendapat bantuan hibah berupa Listrik Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) sebanyak 642 unit.

Bantuan hibah LTSHE ini dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (Ditjen EBTKE) RI.

Kabag Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam (LHSDA) Setda Batanghari, Syaiful SP mengatakan, tahun ini ada 642 unit bantuan hibah berupa LTSHE yang diberikan kepada masyarakat di Kabupaten Batanghari.

"Bantuan LTSHE tersebut diberikan kepada masyarakat 13 desa di 4 kecamatan dalam Kabupaten Batanghari," ujarnya, Minggu (10/11).

Belasan desa tersebut, dilanjutkannya berada di Kecamatan Pemayung yakni Desa Teluk Ketapang, Lubuk Ruso, Pulau Betung dan Tebing Tinggi.

Kemudian di Kecamatan Maro Sebo Ulu yaitu Desa Batu Sawar, Kampung Baru, Sungai Ruan Ilir dan Peninjauan. Lalu di Kecamatan Muara Bulian yaitu Desa Sungai Baung, Singkawang, Muara Bulian (Sebrang) dan Rantau Puri.

"Jumlah 642 unit hibah LTSHE itu untuk 13 desa di 4 kecamatan di Batanghari. Jumlah yang diterima itu dari usulan 3.000 unit pada tahun 2018 lalu," katanya.

Dengan adanya program pemasangan LTSHE, Syaiful berharap lampu ini bermanfaat sebagai penerangan mayarakat untuk kegiatan mereka, salah satunya untuk penerangan belajar bagi anak-anak sebelum adanya akses listrik permanen dari PLN.

Syaiful bilang, hibah LTSHE ini merupakan program dari Kementerian ESDM sebagai solusi penerangan dan energi listrik difokuskan bagi perdesaan yang terisolir dan sulit dijangkau jaringan PLN.

Penulis: Rian Aidilfi Afriandi
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved