Idealnya Harga Kopra Rp 4.000/Kg

Harga kopra di Jambi Selasa (5/11) lalu mengalami kenaikan. Petani kopra menyebut meski mengalami kenaikan, namun belum sesuai

Idealnya Harga Kopra Rp 4.000/Kg
tribunjambi/Abdullah Usman
Harga Kopra Cuma Naik Rp 50 Rupiah, Jadi 2550 per Kg, Masih Jauh dari Harga Biasa Rp 4 Ribu Per Kg 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA SABAK - Harga kopra di Jambi Selasa (5/11) lalu mengalami kenaikan. Petani kopra menyebut meski mengalami kenaikan, namun belum sesuai yang diharapkan.

Permasalahan harga bagi para petani kelapa di Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) bukan persoalan baru. Terutama bagi para petani kelapa kopra, sejak awal November lalu harga kelapa kopra mengalami kenaikan Rp 50 rupiah dari harga awal Rp 2.500 kini naik menjadi Rp 2.550/kgnya.

"Kalau baru naik segitu belum ada apa-apanya bagi kami para petani," kata Heri, satu dari petani kopra di Desa Siau, Kecamatan Muara Sabak Timur, Tanjabtim.

Menurut Heri, idealnya harga kopra saat ini minimal tembus di angka Rp 4.000/kg. Baru dengan harga segitu semua hitung-hitungannya pas dan masih mendapat untung.

Pada beberapa tahun lalu, harga kopra di Jambi selalu bertengger di angka Rp 4000. Jadi para petani merasa aman dan semangat.

"Tapi sejak dua tahun terakhir ini untuk kopra memang sedang terpuruk. Di Jambi saja sebelum ada kenaikan ini, per kilonya hanya Rp 2.200 paling tinggi Rp 2.500," bebernya.

"Meskipun ada kenaikan Rp 50 rupiah masih jauh dari setengahnya, hanya nol sepersekian," tambahnya.
Belum lagi ditambah kondisi buah yang mengalami trek panjang saat ini, untuk mencari buah yang maksimal masih sangat sulit.

"Harapan kita petani ya, agar harga ini kembali normal seperti yang terjadi pada beberapa tahun lalu, mengingat sebagian besar masyarakat sangat bergantung pada kelapa," pungkasnya.

Penulis: Abdullah Usman
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved