Info BPJS Kesehatan

Rubi Beri Peringatan agar Rumah Sakit Tak Melakukan Tindakan Kecurangan Dalam Penyelenggaraan JKN

Sepanjang 2018 dan 2019, BPKP telah menyelenggarakan audit kepada BPJS Kesehatan serta fasilitas kesehatan yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan

Rubi Beri Peringatan agar Rumah Sakit Tak Melakukan Tindakan Kecurangan Dalam Penyelenggaraan JKN
Istimewa
Pertemuan Koordinasi Pelayanan Kesehatan Rujukan se- Provinsi Jambi Senin (28/10). Dalam kesempatan tersebut, hadir Asisten I Setda Provinsi Jambi, Apani, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jambi, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jambi beserta jajaran, Kepala BPKP Perwakilan Jambi, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota Provinsi Jambi, para direktur rumah sakit, dan lain-lain. 

Rubi Beri Peringatan agar Rumah Sakit Tak Melakukan Tindakan Kecurangan Dalam Penyelenggaraan JKN

TRIBUNJAMBI.COM - Sebagai badan hukum publik yang bertanggungjawab terhadap pengelolaan Program Jaminan Kesehatan-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), selain diaudit Pengawasan Internal (Wasin), BPJS Kesehatan setiap tahun juga diaudit auditor eksternal yang meliputi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dan Kantor Akuntan Publik (KAP).

Sepanjang 2018 dan 2019, BPKP telah menyelenggarakan audit kepada BPJS Kesehatan serta fasilitas kesehatan yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan, hasil audit yang telah dilaksanakan oleh BPKP tersebut telah disampaikan kepada Kementerian Keuangan untuk kemudian diteruskan kepada Presiden, hasil audit dan pemeriksaan oleh BPKP tersebut juga disampaikan pada saat “Pertemuan Koordinasi Pelayanan Kesehatan Rujukan se- Provinsi Jambi” Senin (28/10).

Dalam kesempatan tersebut, hadir Asisten I Setda Provinsi Jambi, Apani, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jambi, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jambi beserta jajaran, Kepala BPKP Perwakilan Jambi, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota Provinsi Jambi, para direktur rumah sakit, dan lain-lain.

Pada kesempatan tersebut, secara terbuka, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jambi, Alexander Rubi Setyoadi, menyampaikan hasil temuan audit yang telah dilakukan oleh timnya terhadap fasilitas kesehatan serta BPJS Kesehatan.

Pria yang biasa disapa dengan nama kecil Rubi tersebut menyebutkan di dalam Era Jaminan Kesehatan Nasional terdapat beberapa tindakan kecurangan (fraud) serta penyimpangan yang dilakukan oleh fasilitas kesehatan dan ketidaksesuaian ketentuan yang dilakukan oleh penyelenggara jaminan kesehatan ini.

“Fraud sendiri merupakan perbuatan yang dilakukan secara tidak jujur dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan atau mengakibatkan timbulnya kerugian dengan cara menipu, memperdaya atau cara-cara lainnya yang melanggar ketentuan perundangan yang berlaku yang mana pelaku tindakan tersebut bisa dari peserta, pemberi layanan kesehatan, stakeholder dan bahkan petugas BPJS Kesehatan sendiri,” sebut Rubi.

“Tercatat sebanyak 13 jenis fraud yang teridentifikasi pada pelaksanaan audit Dana Jaminan Sosial (DJS) tahun 2018, dan semuanya dilakukan oleh pihak pemberi layanan kesehatan tingkat lanjut (FKRTL), untuk itu karena kebetulan pada kegiatan ini yang hadir rata-rata merupakan direktur atau kepala rumah sakit maka saya tekankan pada peserta untuk terus meningkatkan pengawasan kepada karyawan atau tenaga kesehatan untuk selalu mengikuti ketentuan dan regulasi,” sebut Rubi

Sementara itu, Rizki Lestari selaku Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jambi menyebutkan BPJS Kesehatan tidak akan mampu bertahan (sustain) dalam menyelenggarakan program JKN jika kecurangan dibiarkan terjadi.

“Kami mengundang Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jambi dengan maksud agar penyelenggara pelayanan kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan mengetahui bahwa pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional ini diawasi dan menjadi sorotan oleh pemerintah, maka pengawasan dan audit yang dilakukan oleh BPKP ini mungkin pada awalnya untuk mencari sumber missmatch defisit anggaran dana DJS BPJS Kesehatan. Namun bukan tidak mungkin, ke depan akan dilakukan penindakan atas kecurangan JKN ini, bukan pengawasan lagi,” tutup Rizki (adv)

Editor: duanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved