KONDISI Anjing Militer yang Kejar Pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi Hingga Meninggal Dunia Karena

AS merilis foto anjing militer yang mengejar Pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi, dan berujung pada kematiannya akhir pekan lalu. Ketua Kepala Staf Ga

KONDISI Anjing Militer yang Kejar Pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi Hingga Meninggal Dunia Karena
KOMPAS.COM
Foto kanan adalah gambar anjing militer yang dirilis AS, dan dianggap berjasa karena mengejar Pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi dalam serangan yang terjadi Sabtu di Suriah (26/10/2019).(via Sky News) 

TRIBUNJAMBI.COM- AS merilis foto anjing militer yang mengejar Pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi, dan berujung pada kematiannya akhir pekan lalu. Ketua Kepala Staf Gabungan Jenderal Mark Milley mengatakan, anjing itu menunjukkan "pengabdian luar biasa" dalam operasi pasukan khusus AS Sabtu (26/10/2019).

Anjing militer itu disebut mengejar Pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi hingga terpojok di ujung terowongan persembunyiannya di Suriah.

Update Terbaru Kasus Vina garut Adegan Panas dengan Tiga Pria, Begini Kondisi Kesehatannya Sekarang

KPK Ungkap Belum Ada Satupun Menteri Kabinet Baru Jokowi Yang Serahkan Laporan LHKPN

Diramal Ada Perselingkuhan, Syahrini Disebut Jadi Korban Makan Teman Usai Suami Dielus Wanita Lain

Namun hewan itu terluka setelah Baghdadi memutuskan meledakkan diri, merontokkan terowongan yang membuatnya terluka, dan menewaskan tiga anak.

Dilansir Sky News Senin (28/10/2019), Presiden AS Donald Trump merilis foto unit yang menemani Pasukan Delta dalam menyerbu Baghdadi di Twitter.

"Kami mengumumkan foto anjing menakjubkan ini yang melakukan PEKERJAAN HEBAT menangkap dan membunuh Pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi," ujar Trump.

"Unit K-9, begitu mereka memanggilnya, anjing bertalenta dan menakjubkan, ini terluka dan dibawa pulang," terang presiden 73 tahun itu.

Namun dilansir AFP, Milley menyatakan anjing itu sudah pulih.

"Dia kembali bertugas bersama dengan pawangnya," terang Milley.

Trump mengatakan, operasi itu menggunakan delapan helikopter, di mana anggota ISIS yang mengawal Baghdadi tertangkap dan terbunuh.

Sumber dari internal AS mengungkapkan, mereka melakukan pendalaman terkait lokasi persembunyian Baghdadi selama beberapa bulan sebelum operasi.

Anjing militer dilaporkan dibekali dengan perlindungan, dan mendapat tugas untuk mengendus peledak serta mengejar teroris.

Dalam konferensi pers Minggu (27/10/2019), Trump mengucapkan terima kasih kepada Rusia hingga Turki terkait penyerangan Baghdadi.

Sementara Kurdi Suriah menyatakan, operasi intelijen mereka telah menuntun Pasukan Delta itu dalam menemukan lokasi persembunyian Baghdadi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "AS Rilis Foto Anjing Militer yang Kejar Pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi"

Penulis : Ardi Priyatno Utomo
Editor : Ardi Priyatno Utomo

Editor: rida
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved