11 Parpol di Tanjab Barat Dapat Kucuran Dana Rp 1 Miliar dari Kesbangpol, Uang Apa?

Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Tanjab Barat tahun anggaran 2019 kembali menyiapkan dana Rp 1 miliar lebih untuk bantuan 11 partai politik.

11 Parpol di Tanjab Barat Dapat Kucuran Dana Rp 1 Miliar dari Kesbangpol, Uang Apa?

TRIBUNJAMBI.COM, KUALA TUNGKAL - Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Tanjab Barat tahun anggaran 2019 kembali menyiapkan dana Rp 1 miliar lebih untuk bantuan 11 partai politik yang memiliki wakil di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tanjung Jabung Barat.

Kepala Kantor Kesbangpol Tanjab Barat R Azis Muslim mengatakan tahun 2019 ini, anggaran bantuan parpol sama dengan tahun 2018 lalu yaitu sebesar 1 miliar 30 ribu rupiah.

"Rp 1 miliar lebih ini untuk diberikan kepada 11 parpol yang memiliki perwakilan di DPRD Tanjab Barat," katanya.

Dikatakannya, bantuan dana diberikan kepada parpol sesuai jumlah suara yang diperoleh saat pemilihan legislatif (pileg) 2019 lalu.

Besarannya dihitung dari jumlah suara masing-masing parpol, dimana satu suara dihargai sebesar 6.740 rupiah. Sehingga parpol dengan suara terbanyak akan mendapat bantuan lebih besar dibanding partai yang memproleh suara yang sedikit.

Kumpulkan 50 Persen Dukungan, ABJ Siap Bertarung di Pemilukada Jambi Lewat Jalur Perseorangan

Dewan Tolak Rencana Pembangunan Fly Over Simpang Mayang, Pemprov Jambi Terus Cari Cara

8 Cabor Amankan Atlet Jambi di PON XX Papua

"Bantuan ini untuk kepentingan Sekretariat masing-masing partai sebesar 40 persen, dan untuk dana pendidikan politik sebesar 60 persen," jelasnya pembagian dana tersebut.

Kedepannya Azis menginginkan agar pendidikan politik ini dipertajam dan diperluas kegiatannya. Karena selama ini dari persentase 60 persen untuk pendidikan partai politik hanya beberapa parpol saja yang melaksanakan.

Selebihnya kebanyakan untuk sekretariat parpol, padahal pendidikan parpol ini sangat perlu. Agar pemahaman akan dunia politik bagi para kader dapat lebih matang.

Lebih lanjut R Azis Muslim berharap pula dengan bantuan ini parpol dapat menggunakan dana semaksimal mungkin, sehingga dapat berdaya guna dan berhasil guna untuk kepentingan partai politik itu sendiri. (Darwin Sijabat/ Tribunjambi.com)

Penulis: Darwin
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved