Breaking News:

Jangkau Peserta Terluar Wilayah Melalui Kegiatan Goes To Customer

Kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya ini memiliki tujuan untuk mendekatkan dan meningkatkan pelayanan kepada peserta JKN-KIS ke daerah-dae

istimewa
BPJS Kesehatan melaksanakan kegiatan BPJS Kesehatan Goes To Customer (GTC). Kegiatan GTC ini dilakukan di Desa Simbur Naik, Kecamatan Muara Sabak Timur Kabupaten Tanjung Jabung Timur (22/10/2019). 

Jangkau Peserta Terluar Wilayah Melalui Kegiatan Goes To Customer

JAMBI-Jamkesnews, dalam rangka perluasan kepesertaan Program Jaminan Kesehatan Nasional, dan upaya mengurangi antrian pada Kantor Cabang BPJS Kesehatan di Seluruh Indonesia, BPJS Kesehatan melaksanakan kegiatan BPJS Kesehatan Goes To Customer (GTC).

Kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya ini memiliki tujuan untuk mendekatkan dan meningkatkan pelayanan kepada peserta JKN-KIS ke daerah-daerah yang memiliki akses jauh dari lokasi Kantor Cabang dan Kantor Kabupaten/Kota. Dengan adanya kegiatan GTC ini harapannya dapat mempermudah masyarakat untuk memperoleh informasi terkait pelayanan peserta hak dan kewajiban.

Kegiatan GTC ini dilakukan di Desa Simbur Naik, Kecamatan Muara Sabak Timur  Kabupaten Tanjung Jabung Timur (22/10). Pertimbangan yang diambil ketika memilih Desa Simbur naik sebagai tempat pelaksanaan GTC adalah kontur wilayah desa tersebut dikelilingi oleh sungai serta akses menuju desa menggunakan kapal pompong setelah perjalanan darat yang ditempuh kurang lebih 1 jam dari pusat Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Bathari Yanthi selaku Kepala Kabupaten Tanjung Jabung Timur menyebutkan "desa ini wilayahnya padat penduduk, namun dikarenakan akses yang susah untuk ke pusat daerah Kabupaten Tanjung Jabung Timur, desa ini memiliki jumlah kepesertaan jaminan kesehatan paling sedikit diantara desa lainnya di wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Timur," sebutnya

"Karena salah satu sasaran utama kami mengadakan kegiatan ini adalah menjangkau daerah yang sulit akses dengan kepesertaan minim maka dipilih desa simbur naik, kesadaran masyarakat untuk mendukung program-program JKN-KIS juga sangat penting, salah satunya adalah mendaftarkan diri dan keluarga menjadi peserta JKN-KIS. Bukan hanya sekedar mendaftar namun kesadaran masyarakat terkait kewajiban dalam membayar iuran secara rutin sangat diperlukan. Menjadi peserta JKN-KIS adalah juga bentuk antisipasi bagi diri karena, tidak ada yang mengetahui kapan penyakit dating makanya kita edukasi dulu melalui kegiatan GTC," tambahnya

Selain itu, kegiatan GTC ini didukung oleh pihak Puskesmas Simbur Naik, Kepala Puskesmas Simbur Naik Ani Safitri turut mengapresiasi kegiatan Goes to Customer tersebut. Untuk mengawal dan mensukseskan pelayanan Program JKN-KIS ini salah satunya harus terus melakukan sosialisasi, tidak hanya dari petugas BPJS Kesehatan, petugas puskesmas dan para tenaga medis disini wajib mengetahui prosedur dan informasi terbaru dari BPJS Kesehatan karena merekalah yang langsung melayani peserta JKN-KIS.

‘'Kami siap mendukung BPJS Kesehatan dalam mensosialisasikan Program JKN-KIS, semua tenaga kesehatan yang berada di puskesmas juga mempunyai kewajiban untuk menjelaskan tentang sistem terbaru dari BPJS Kesehatan seperti contohnya rujukan online, yang pada awal pelaksanaannya masih perlu banyak penjelasan ke peserta," ujar Ani

Dalam kegiatan tersebut BPJS Kesehatan turut memperkenalkan kanal-kanal pembayaran iuran yang telah dikembangkan oleh BPJS Kesehatan melalui jaringan perbankan seperti BNI, Bank Mandiri, BRI dan BCA dengan mekanisme pembayaran autodebit, transfer ATM dan setoran tunai serta pembayaran melalui jaringan non perbankan seperti Indomaret, Alfamart, Kantor Pos, pegadaian, agen BNI 46 dan agen BRI Link serta memperkenalkan Aplikasi MobileJKN.

VIDEO: Artis Nia Ramadhani "Gak Bisa Buka Salak"

FOLLOW INSTAGRAM TRIBUN JAMBI:

.

Editor: Nani Rachmaini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved