Advertorial

Deputi BKKBN RI dan Kepala Perwakilan BKKBN Jambi Kunjungi Kota Sungai Penuh

Kehadiran Deputi Balitbang dan Kepala BKKBN Jambi ini untuk silaturahmi sekaligus menyampaikan program KB yang telah berjalan di Kota Sungai Penuh

Deputi BKKBN RI dan Kepala Perwakilan BKKBN Jambi Kunjungi Kota Sungai Penuh
Istimewa
Deputi BKKBN RI bersama Kepala Perwakilan BKKBN Jambi berfoto bersama Sekda Kota Sungai Penuh di ruangannya, saat melakukan kunjungan kerja ke Kota Sungai Penuh. 

Deputi BKKBN RI dan Kepala Perwakilan BKKBN Jambi Kunjungi Kota Sungai Penuh

TRIBUNJAMBI.COM - Pagi ini, Deputi Bidang Pelatihan Penelitian dan Pengembangan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) pusat, Prof Muhammad Rizal Martua Damanik, dan Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi, Mukhtar Bakti, SH, MA, menyambangi euang kerja Sekda Kota Sungai Penuh, Munasri, Selasa (22/10).

Kehadiran Deputi Balitbang dan Kepala BKKBN Jambi ini untuk silaturahmi sekaligus menyampaikan program KB yang telah berjalan di Kota Sungai Penuh, serta menjelaskan bagaimana menyiapkan 1.000 hari kehidupan untuk bentuk SDM yang mampu bersaing secara global.

“Tugas BKKBN itu mulai dari calon penduduk atau janin, yang dikandung, hingga lahir dari bayi tiga tahun (batita), bayi lima tahun (balita), dan tumbuh kembang dari sekolah dasar (SD) menjadi remaja, pasangan usia subur dan menjadi orang tua hingga menjadi lansia yang tangguh. Dan ini merupakan tugas pokok dan fungsi dari BKKBN," ujar Martua Damanik

Lebih lanjut, Damanik menjelaskan bahwa di bawah BKKBN tersebut ada 1.000 hari pertama kehidupan, Bina Keluarga Balita (BKB), melalui tenaga di lapangan untuk mengedukasi ibu dan ayah untuk mempersiapkan dirinya dan kandungannya.

Yang kedua, pilarnya adalah Bina Keluarga Remaja (BKR), remaja yang produktif dan positif dan BKR ini tantangannya sangat besar sekali masalah keluarga tentang pernikahan dini dan narkoba, agar remaja ini bisa menjadi lolos dan memasuki orang tua yang hebat.

Yang ketiga, yaitu Bina Keluarga Lansia (BKL), mempersiapkan pasangan orang tua hebat dan tidak menjadi lansia yang sakit-sakitan alias menjadi lansia yang tangguh.

Sekda Sungai Penuh, Munasri, menyambut baik kehadiran Deputi Litbang BKKBN pusat dan Kepala Perwakilan BKKBN Jambi di Kota Sungai Penuh dalam rangka sosialisasi dan menjadi pembicara pada kuliah umum di perguruan tinggi.

Sekda mendukung program perguruan tinggi peduli kependudukan di Kota Sungai Penuh, hari ini ada penandatanganan kerjama dengan BKKBN dan perguruan tinggi.

“Di Kota Sungai Penuh ini ada lima perguruan tinggi, yakni IAIN, AKPER, STIE, STIA, AMIK. Kehadiran BKKBN di kampus tentu akan menjadi ilmu yang bermanfaat bagi generasi muda, agar program KB dapat berjalan baik dan peningkatan SDM generasi masa depan yang lebih baik," tutur Sekda Munasri.

Pada hari ini, BKKBN Provinsi Jambi juga akan menandatangani MoU dan kuliah umum program KKBPK di IAN Sungai Penuh. (*)

Editor: duanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved