Camat Minta Kades dan Ketua RT Lakukan Pendataan, Masih Banyak Warga Terdaftar di Daerah Lain

Persoalan administrasi kependudukan di Kabupaten Muarojambi masih saja terjadi hingga saat ini. Terlebih sesaat lagi Provinsi Jambi akan

Camat Minta Kades dan Ketua RT Lakukan Pendataan, Masih Banyak Warga Terdaftar di Daerah Lain
Tribunjambi/Samsul Bahri
Seorang warga Muarojambi hendak mengurus KTP. 

TRIBUNJAMBI.COM, SENGETI - Persoalan administrasi kependudukan di Kabupaten Muarojambi masih saja terjadi hingga saat ini. Terlebih sesaat lagi Provinsi Jambi akan melakukan Pilkada serentak pada 2020 mendatang untuk pemilihan Gubernur Jambi.

Sampai saat ini masih ada penduduk Kabupaten Muarojambi yang tinggal di wilayah kependudukan Kabupaten Muarojambi, namun administrasinya masih di kabupaten/ kota lain. Satu diantaranya disampaikan Camat Sungai Gelam, Sobri.

Ia menyebutkan, hal ini sulit dipantau lantaran wilayah Kecamatan Sungai Gelam yang juga dikelilingi Kota Jambi. Sobri mengungkapkan, hal lain juga terjadi karena saat ini mulai banyak perumahan yang berdiri.

"Jumlahnya itu masih kita data, karena ini kan kebanyakan di perbatasan apalagi wilayah kita di kelilingi Kota Jambi. Perumahan juga sekarang sudah mulai banyak, ya kadang ada orang yang beli perumahan itu kan bukan dari penduduk muarojambi,"ujarnya

Lebih lanjut ia menyebutkan, dirinya telah menyampaikan hal tersebut kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Muarojambi. Sobri menyebutkan, pihaknya akan mengintruksikan kepada RT dan Kepala Desa untuk mendata penduduk di wilayahnya.

"Kedepan kita akan koordinasikan dengan pihak desa untuk data jumlah penduduk yang tinggal di wilayah kita tapi administrasinya di luar Muarojambi. Setelah kita data, kita serahkan ke Dukcapil untuk di fasilitasi perekaman dan pembuatan e- KTP," pungkasnya.

Penulis: samsul
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved