WIKIJAMBI - Ada Seribu Lebih Lukisan Baliho Film dalam Museum Bioskop Jambi

Mempelajari sejarah tidak melulu membosankan melalui sebuah buku, namun bisa dengan mendatangi tempat bersejarah seperti museum.

WIKIJAMBI - Ada Seribu Lebih Lukisan Baliho Film dalam Museum Bioskop Jambi
Tribunjambi/Nurlailis
Museum bioskop ini berlokasi di Tempoa Art Galery, Jelutung Jambi. 

WIKIJAMBI - Ada Seribu Lebih Lukisan Baliho Film dalam Museum Bioskop Jambi

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Mempelajari sejarah tidak melulu membosankan melalui sebuah buku, namun bisa dengan mendatangi tempat bersejarah seperti museum.

Jika biasanya anda mengunjungi museum yang berisi artefak atau benda-benda masa perjuangan, di Jambi ada museum yang berisikan segala hal tentang bioskop dimasa lampau.

Museum bioskop ini berlokasi di Tempoa Art Galery, Jelutung Jambi. Menjelajahi museum ini akan membawamu pada sebuah nostalgia mendalam tentang masa lalu, masa dimana bioskop masih sangat manual.

Di sini anda akan melihat banyak baliho film berukuran besar jaman dulu yang dibuat dengan cara dilukis.

Seperti film merpati tak pernah ingkar janji, di dadaku ada cinta, bernapas dalam lumpur, madu dan racun, dan sebagainya.

WIKIJAMBI - Belajar Sejarah Bioskop di Museum Bioskop Jambi, Ada Ribuan Benda Kuno

Yuk Kenalan dengan Carenina, Si Cantik yang Jadi Gadis Wakil III Kota Jambi 2019

Daftar Harga Motor Sport 150 cc Oktober 2019 - Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki, Benelli

“Dari tahun 1969 keluarga Lie sudah memulai membuat bioskop. Dulu film harus punya baliho, memang zaman dulu itu sebelum 90 an pembuatan baliho bioskop dibuat dengan cara dilukis. Dari awal setiap poster selalu saya simpen. Sekarang berguna sebagai bahan untuk museum,” ungkap owner dari tempoa art galery, Harkopo Lie.

Bahan yang digunakan adalah kain belacu. Ukuran tergantung dengan film yang akan diputar, jika film terkenal akan berukuran 4x8 meter dan film biasa berukuran 2x4 meter atau 4x4 meter. Semua baliho yang ditayangkan harus melalui pemeriksaan badan sensor di Jakarta.

Ada ruangan berisi 1180 baliho film yang tersusun rapih. Bukan hanya itu saja anda juga akan melihat rol film, speaker, alat pengangkut rol film, proyektor berukuran besar, bangku bioskop, baju seragam petugas bioskop, harga tiket bioskop, senter, kaset, dan hal lainya. Bagi anak muda sekarang mungkin akan terkejut karena harga tiket nonton dulu hanya Rp 600.

Museum bioskop buka dari jam 9 pagi hingga jam 4 sore. Biaya masuk museum bioskop ini adalah Rp 10 ribu untuk dewasa. (nurlailis)

Penulis: Nurlailis
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved