Tangani Kasus Stunting, Pemkab Tanjab Timur Kembangkan Program Opal, Seperti Ini

Guna menjaga ketersediaan dan keberlanjutan pangan dan mencegah stunting pada ibu hamil, Pemerintah Tanjab Timur mulai terapkan pengembangan Opal.

Tangani Kasus Stunting, Pemkab Tanjab Timur Kembangkan Program Opal, Seperti Ini

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA SABAK - Guna menjaga ketersediaan dan keberlanjutan pangan dan mencegah stunting pada ibu hamil, Pemerintah Tanjab Timur melalui Dinas Ketahanan Pangan mulai terapkan pengembangan Obor Pangan Lestari (Opal) melalui Dinas Ketahanan Pangan, Kamis (10/10).

Selain program kawasan rumah pangan lestari (bekerja) berantas kemiskinan rakyat sejahtera yang lebih dahulu berjalan dan terbilang sukses di Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Dimana saat ini untuk program tersebut telah memiliki 10 kelompok tani mandiri, yang telah memiliki pertanian sayuran yang berkembang dan bahkan telah menghasilkan pundi rupiah. Dengan memanfaatkan pekarangan rumah sebagai lahan pertanian.

Untuk menunjang program tersebut, pada tahun ini Pemerintah Tanjab Timur mencoba mengembangkan program Kementerian Pertanian yang disebut dengan Opal, namun saat ini baru tahap permulaan.

Baca: Suka Buat Konten YouTube, Humas Polres Sarolangun Raih Penghargaan dari Polda Jambi

Baca: Tahun 2020, Dana DAK Tanjab Barat Naik Puluhan Miliar, Segini Nilainya

Baca: Sekda Minta Perkim Muaro Jambi Responsif Pada Aduan Masyarakat

"Iya, tahun ini kita coba kembangkan program opal tersebut. Namun untuk awal ini kita akan buat di pekarangan kantor dulu sebagai percontohan," ujar Kepala Dinas Ketahanan Pangan Tanjab Timur Idris

Untuk program opal sendiri terbilang lebih lengkap dan beragam, jika dibandingkan dengan program pangan lestari yang sebelumnya telah berjalan. Selain itu dari segi jenis tanamannya juga beragam.

Dikatakannya pula, program opal sendiri difokuskan pada daerah yang rawan pangan dan juga kawasan yang memiliki kasus stunting. Di beberapa kecamatan di Tanjab Timur masih ditemukan kasus kasus stunting.

"Harapannya program opal ini, selain dapat memenuhi kebutuhan pangan juga dapat mengurangi permasalahan stunting yang kini dihadapi kabupaten," pungkasnya. (usn)

Penulis: Abdullah Usman
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved