Berita Tanjab Barat

Peringati HUT ke-74 TNI, Kodim 0419/Tanjab Tanam Ribuan Batang Pohon

Peringati HUT ke-74 TNI, Kodim 0419/Tanjab melakukan penghijauan di Desa Muntialo, Kecamatan Betara, Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Peringati HUT ke-74 TNI, Kodim 0419/Tanjab Tanam Ribuan Batang Pohon
Tribun Jambi/Darwin Sijabat
Peringati HUT ke-74 TNI, Kodim 0419/Tanjab melakukan penghijauan di Desa Muntialo, Kecamatan Betara, Kabupaten Tanjung Jabung Barat. 

Peringati HUT ke-74 TNI, Kodim 0419/Tanjab Tanam Ribuan Batang Pohon

TRIBUNJAMBI.COM, KUALA TUNGKAL - Peringati HUT ke-74 TNI, Kodim 0419/Tanjab melakukan penghijauan di Desa Muntialo, Kecamatan Betara, Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Kegiatan penamaan ribuan batang pohon itu dihadiri dari berbagai elemen itu dikatakan Kasdim Kodim 0419/ Tanjab Mayor Indra Wijaya menyampaikan penanaman pohon tersebut sebanyak 1000 batang dari berbagai jenis.

"Batang pohon yang ditanam sebanyak 1000 batang, terdiri tanaman keras, diantaranya Mahoni,alfokat, Durian, Jambu, Cempedak," ujarnya kepada Tribunjambi.com, Kamis (10/10/2019).

Bupati Tanjung Jabung Barat, Safrual mengatakan Kmkegiatan ini merupakan hal yang positif untuk menjaga lingkungan sekitar. Diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap kesehatan dari penyaringan oksigen.

"Kita harus menanam dan menanam karena tumbuhan hijau ada kloropil mengandung oksigen dan menyerap kakarbondioksida," katanya.

Menurut Safrial, Tanjab Barat termasuk daerah yang berkontribusi terhadap penyerapan karbondioksida, dimana wilayah ini memiliki lahan basah dan mangrove. Untuk itu dia meminta kepada masyarakat untuk tidak membakar lahan, sebab ada cara lain selain membakar.

Selain itu juga Safrial menyarankan agar kades untuk membuat kanal khususnya lahan gambut. Dengan kanal tersebut diharapkan mampu menjaga kelembapan air.

"Saya yakin itu (kanal red) akan bagus, Badan Permusyawa Daerah (BPD) dengan kepala desa silahkan bermusyawarah untuk membuat kanal dan Bupati hanya memberikan saran," tandasnya.

Sementara Letkol Inf M Arry Yudistira SIp MIPol, Dandim 0419/Tanjab mengatakan dalam rangka HUT TNI, pihaknya melaksanakan kegiatan penanaman pohon bertujuan untuk menjaga kelestarian lingkungan.

"Penanaman ini beetujuan untuk merubah ekosistem dengan tanaman buah dan tanaman hutan. Saya mengharapkan kepada Masyarakat agar menghentikan bakar lahan dan kita kerjakan degan bergotong royong," katanya.

Menurut Dandim, kebakaran hutan bukan hanya merugikan lahan tetapi juga menimbulkan korban dan penyakit Ispa bahkan sampai kenegara lain.

Dampak dari membuka lahan dengan membakar akan menggangu kesehatan kita bersama, dikarenakan dampak kebakaran lahan dan hutan sehingga membuat polusi udara asap. (Darwin Sijabat/ Tribunjambi.com)

 Jadi Tersangka KPK, Rizal Djalil Dinonaktifkan Dari Anggota BPK RI

 Pelaku Lempat Granat, sempat Siarkan Langsung Penembakan Sinagoge Jerman ke Internet

 Wiranto Ditusuk, Kapolsek Ikut Terluka, Ini Wajah Pelaku Penusukan Menko Polhukam

Penulis: Darwin
Editor: duanto
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved