KB MOP Khusus Pria Disiapkan, Program Pil KB Kerap Gagal

Guna mengurangi perkembangan penduduk tidak terkendali, Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) memberikan

KB MOP Khusus Pria Disiapkan, Program Pil KB Kerap Gagal
net
20022018_ilustrasi suntikan 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA SABAK - Guna mengurangi perkembangan penduduk tidak terkendali, Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) memberikan pilihan alat KB bagi pria satu dengan Modus Operasi Pria (MOP).

Keluarga Berencana KB sesuai standar yang ditetapkan dua anak cukup, namun banyak di masyarakat dijumpai masih banyak warga yang memiliki anak lebih dari satu.

Hal tersebut banyak faktor yang diketahui, dan tidak semua karena keinginan keluarga tersebut. Beberapa diantaranya karena program pil KB yang dijalani pasangan wanita tidak efektif.

Untuk itu Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur, melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Perempuan memiliki program KB bagi kaum pria selain kondom ada pula menggunakan sistem medis operasi pria (MOP).

"Untuk KB pria di Tanjab Timur sendiri ada dua jenis, yaitu dengan menggunakan medis operasi pria MOP dan kondom. Untuk di Tanjab Timur sudah dilakukan lebih kurang 100-an di seluruh kecamatan," ujar Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Perempuan, Barusman.

Yang paling banyak memakai Kecamatan Rantau Rasau, Geragai, dan Sabak Timur. Sebelumnya juga telah dilakukan sosialisasi, dan warga yang ingin maka akan konseling dan memilih KB mana yang mereka pilih.

"Kebanyakan alasan masyarakat ingin ber-KB diantaranya tidak ingin menambah anak, dan program KB si istri yang kerap gagal," pungkasnya.

Penulis: Abdullah Usman
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved