Membuat Pola Hidup Berubah, Mengandalkan Uang Elektronik untuk Transaksi

Penggunaan uang elektronik telah menjadi gaya hidup bagi sebagian orang. Ada banyak kemudahan dan tawaran keuntungan yang menggiurkan

Membuat Pola Hidup Berubah, Mengandalkan Uang Elektronik untuk Transaksi
Tribun Jambi/Aldino
Syaelia Noer Anggrainy, Gadis Persahabatan Kota Jambi 2019 

Penggunaan uang elektronik telah menjadi gaya hidup bagi sebagian orang. Ada banyak kemudahan dan tawaran keuntungan yang menggiurkan membuat mereka tertarik untuk mencoba.

"Banyak diskon", ungkap Syaelia Noer Anggrainy saat ditanya alasan menggunakan uang elektronik.

Ia yang saat ini menjabat sebagai Gadis Persahabatan Kota Jambi 2019 ini sudah sejak kelas tiga SMA menggunakan uang elektronik dan kini telah mengubah kebiasaan hidupnya.

"Siapa sih yang gak tergiur diskon. Selain itu saya juga kadang lupa bawa ATM dan uang cash. Jadi kalau mau pergi sama teman, mama tinggal isi uang elekronik ini," ungkapnya.

Selain tidak perlu membawa uang cash dan dompet, ia mengatakan dengan menggunakan uang elektronik ini pengeluaran bisa terkontrol karena saldo tertera di aplikasi.

Namun di balik kemudahan yang didapat, ia juga pernah mengalami kesulitan.

"Pengalaman pernah hilang saldo karena tiba-tiba akun ter log out dan lupa pasword. Karena itu kesalahan pribadi jadi saldo gak bisa balik lagi," ujarnya.

Menurutnya uang elektronik ini telah membuat pola hidup berubah, yang biasanya membawa dompet, uang cash jadi lebih mengandalkan handphone semuanya.

"Ya meskipun bayar parkir masih uang cash," ucapnya.

Menurutnya bukan tidak mungkin beberapa waktu kedepan semua transaksi akan pakai uang elektronik sekalipun untuk hal yang kecil seperti bayar parkir. (nurlailis)

Menginginkan Kemudahan

Penggunaan uang elektronik di tengah-tengah masyarakat Indonesia semakin populer. Uang elektronik dinilai memberikan kemudahan dan keamanan dalam bertransaksi.

Namun, sudahkah Anda tahu dan pahami bagaimana uang elektronik bisa muncul dan berkembang? Menurut Pengamat Ekonomi Syariah Institut Pertanian Bogor (IPB) Irfan Syauqi Beik, ada beberapa hal atau faktor yang melatari munculnya uang elektronik, yakni karena teknologi maupun karena kebutuhan.

"Saya kira kehadiran uang elektronik ini sebenarnya akibat dipengaruhi dua hal," kata Irfan.

Irfan menjelaskan, faktor pertama adalah perkembangan teknologi digital yang sangat pesat. Kedua, masyarakat menginginkan kemudahan dan keamanan dalam bertransakasi.

Sehingga kombinasi dari kedua aspek ini yang membuat permintaan dan penggunaan uang elektronik semakin meningkat. (kcm)

Editor: awang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved