Ajarkan Anak Tanggung Jawab Sejak Dini

Memberikan tanggung jawab kepada anak memang harus dilakukan sejak dini. Agar anak dapat memahami tugas yang diberikan kepadanya.

Ajarkan Anak Tanggung Jawab Sejak Dini
Tribunjambi/Nurlailis
Memberikan tanggung jawab kepada anak memang harus dilakukan sejak dini. 

Ajarkan Anak Tanggung Jawab Sejak Dini

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Memberikan tanggung jawab kepada anak memang harus dilakukan sejak dini. Agar anak dapat memahami tugas yang diberikan kepadanya.

Mengajarkan tanggung jawab juga secara tidak langsung mengajarkan disiplin. Dari sana dapat dilihat batas kemampuan sang anak.

Ada banyak cara untuk mengenalkan tanggung jawab kepada anak. Salah satunya yang dilakukan Ressy Laila Untari Ningsih seorang smart mom Jambi.

Ada kebiasaan yang dilakukan di keluarganya yaitu mendiskusikan tugas bersama.

Baca: VIDEO: Samwon Express Sediakan Tiga Pilihan Paket Menu BBQ Ala Korea

Baca: BOCAH Efendi di Kurung Dalam Kandang Ayam, Pernah Hilang di Kuburan, Alasan Orang Tua Menyedihkan

"Contohnya dirumah itu pembagian tugasnya ada dinamakan para jendral, seperti jendral kebersihan, jendral dapur dan jendral laundri. Itu kesepakatan mau waktunya berapa lama apakah satu minggu atau kurang dari itu. Itu bisa gantian tugasnya. Adik-adiknya yang kecil itu ikut sebagai asisten," jelasnya.

Hal ini diterapkan pada kelima anaknya yaitu Cantia Rasyiqa Khalawatannisa (14), Asya Zaira Khalawatannisa (12), M Ubay Zahirul Haq (9), Abdillah Akhnaf Zahirul Haq (7) dan Saif Ahmad Zahirul Haq (3).

Dari sana mereka belajar berbagi peran dalam rumah. Setiap anak akan mengalami semua tugas. Sehingga memberi kesempatan untuk mereka memilih peran. Anak akan merasakan kecenderungannya kemana.

"Namanya anak-anak kita juga tidak mengharapkan hasilnya seperti orang dewasa ya sesuai tahapannya saja. Yang terpenting kan mereka sudah membantu dan kita jangan lupa mengucapkan terima kasih karena sudah dibantu," pungkasnya. (Lai)

Penulis: Nurlailis
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved