APBD Terbatas, Transportasi Kota Jambi Butuh Campur Tangan Investor

Pemkot Jambi sudah menerbitkan Peraturan Walikota Jambi nomor 42 tahun 2019 tentang penyelenggaraan angkutan perkotaan di Kota Jambi.

APBD Terbatas, Transportasi Kota Jambi Butuh Campur Tangan Investor

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI- Sebagai ibukota Provinsi Jambi, Kota Jambi memiliki panjang lebih dari 611 kilometer. Sementara ini Kota Jambi bertahap membuat pelayanan jasa transportasi umum. Hal ini guna menekan polusi udara akibat pemakaian kendaraan bermotor.

Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 22 tahun 1999 tentang lalu lintas dan angkutan jalan harus terus ditingkatkan. Namun untuk Kota Jambi penurunan jumlah angkutan kota terus terjadi baik secara kualitas dan kuantitas.

Dikatakan Saleh Ridho Kepala Dishub Kota Jambi dari 1025 unit angkutan kota, saat ini yang beroperasi hanya 200 angkutan kota. Hal ini terjadi karena masyarakat lebih memilih angkutan yang memiliki kualitas yang lebih baik.

Baca: Herman Efendi Resmi jabat Ketua DPRD Kabupaten Merangin

Baca: Ayah dan Ibunya Meninggal, Bocah 9 Tahun di Muaro Jambi Menderita Gizi Buruk

“Sehingga perlu dilakukan peningkatan pelayanan angkutan umum perkotaan yang handal dan diharapkan dapat menyesuaikan dengan kondisi saat ini,” katanya.

Bahkan Pemkot Jambi sudah menerbitkan Peraturan Walikota Jambi nomor 42 tahun 2019 tentang penyelenggaraan angkutan perkotaan di Kota Jambi berbasis standar pelayanan minimal. Sehingga penyedia layanan jasa kendaraan harus mengedepankan standar pelayanan minimal yang mampu menjawab keinginan pengguna jasa.

“Kita harapkan dengan adanya kendaraan yang diinginkan masyarakat dapat menekan angka pengguna angkutan pribadi dan mencegah kemacetan,” sebutnya.

Disebutkan Saleh Ridho mengingat keterbatasan dana APBD Kota Jambi untuk penyediaan angkutan. Maka pihaknya mengajak seluruh pengusaha atau penyedia jasa angkutan untuk ikut berinvestasi dalam penyediaan jasa pelayanan angkutan umum.

“Investasi dari pihak swasta sangat kita perlukan untuk bersama memajukan sektor transportasi agar dapat mewujudkan Kota Jambi terkini,” pungkasnya. (Rohmayana)

Penulis: Rohmayana
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved