International Coffee Day

Fakta-fakta Bank Indonesia dan International Coffee Day: Melacak Jejak Kopi Jambi dari Hulu ke Hilir

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi sendiri memiliki petani kopi binaan yang tergabung dalam Koperasi Koerintji Barokah Bersama.

Tribun Jambi/Fitri Amalia
Pemecahan rekor Muri dilaksanakan. Jambi berhasil meraih Rekor Muri Seduh Kopi Terbanyak dari Tiga Jenis Kopi. 

Fakta-fakta Bank Indonesia dan Kopi: Melacak Kopi Jambi dari Hulu ke Hilir

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Sebagai daerah penghasil kopi yang memiliki tiga jenis kopi, Provinsi Jambi dipercaya menjadi tuan rumah event International Coffee Day (ICD). Even ini berlangsung dari 1-4 Oktober 2019.

Banyak pihak yang terlibat untuk menyukseskan kegiatan ini, termasuk Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Jambi yang sangat mendukung event ini.

Bank Indonesia (BI) bersama Kementerian Perindustrian, Pemerintah Provinsi Jambi, Pemerintah Kabupaten Kerinci, Komunitas Kopi 0741 dan Komunitas Trimomaju bersinergi mengadakan event ini.

Banyak kegiatan menarik pada event ini, di antaranya pemecahan rekor Muri dengan tema "Seduh Kopi Terbanyak dari Tiga Jenis Kopi" di hari pertama ICD.

Pemecahan rekor Muri sendiri telah sukses dilaksanakan dan Jambi berhasil meraih Rekor Muri Seduh Kopi Terbanyak dari Tiga Jenis Kopi.

"Acara ini acara yang luar biasa dan kegiatan ini juga bersinergi dengan progam BI," kata Bayu Martanto, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jambi dalam kata sambutannya, Selasa (1/10).

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi sendiri memiliki petani kopi binaan yang tergabung dalam Koperasi Koerintji Barokah Bersama.

Lebih dari 100 petani kopi tergabung di dalamnya.

BI berharap kopi Jambi lebih menggema di dunia internasional.

BI juga ingin mengedepankan kerjasama multipihak, karena hal ini sangat diperlukan untuk percepatan pertumbuhan ekonomi lokal.

Agar potensi kopi, kayu manis dan pariwisata Jambi dapat dioptimalkan perannya dalam mendukung pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

"Tiga varian kopi Jambi, ada Arabika, Robusta dan Liberika memiliki keunikan masing-masing, dan slogan "Kopi Jambi, dari Jambi untuk dunia" itu sangat tepat," katanya.

"Tentu kita harapkan kopi Jambi membawa dampak dari hulu ke hilir bisa membawa pengaruh, dari petani produksinya bagus dan kemudian di kota bertaburan coffee shop dan menjadi penggerak ekonomi," pungkasnya. (Fitri Amalia / Tribunjambi.com)

 Harga Kopi Jambi Naik, Duta Besar Brussel Bakal Buktikan Nikmatnya Kopi Kerinci

 Kopi Kerinci Masuk Kategori Top Speciality, Ketua Dekopi: Kopi Jambi Termasuk yang Terbaik

Penulis: fitri
Editor: duanto
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved