BPS Mencatat Terjadi Deflasi di Bungo

Pada September 2019, Kota Muara Bungo mengalami deflasi sebesar 0,44 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) Kota Muara Bungo 136,96.

BPS Mencatat Terjadi Deflasi di Bungo
TRIBUNJAMBI/FITRI AMALIA
ilustrasi 

MUARA BUNGO, TRIBUN - Pada September 2019, Kota Muara Bungo mengalami deflasi sebesar 0,44 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) Kota Muara Bungo 136,96.

Berdasarkan data yang dihimpun dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bungo, deflasi di Kota Muara Bungo terjadi pada satu kelompok pengeluaran barang dan jasa, akibat adanya penurunan Indeks Harga Konsumen (IHK).

"Deflasi di Kota Muara Bungo terjadi karena adanya penurunan indeks harga pada satu kelompok pengeluaran, yaitu kelompok bahan makanan sebesar 2,20 persen," kata Kasi Statistik BPS Bungo, Soni Ahmad Wirawan, Rabu (2/10).

Sedangkan lima kelompok pengeluaran lainnya mengalami inflasi. Di antaranya, kelompok sandang sebesar 0,66 persen, kelompok kesehatan 0,31 persen, kelompok transpor, komunikasi dan jasa keuangan sebesar 0,31, kelompok perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar sebesar 0,09 persen, dan kelompok
pendidikan, rekreasi dan olahraga sebesar 0,02 persen.

Sedangkan untuk kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau tidak mengalami perubahan indeks.
Kendati mengalami deflasi, laju inflasi tahun kalender masih di angka 3,11 persen, dan laju iflasi year on year sebesar 4,35 persen. Kondisi itu lebih baik dibandingkan bulan sebelumnya dengan laju inflasi kalender 3,57 persen dan laju inflasi year on year 4,82 persen, namun masih perlu menjadi perhatian Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID).
"Bisa dibilang sudah relatif terkendali, namun perhatian dari TPID harus tetap berjalan. Terutama untuk pengendalian harga bahan makanan, diupayakan seimbang," jelasnya. (cre)

Editor: awang
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved