Kisah Inspiratif

Chef yang Piawai Bermusik dan Hobi Ngevlog, Kisah Inspiratif Sous Chef Swiss-Belhotel Jambi Ricky

Pekerjaan sehari-hari yang dilakoni mungkin biasa untuk kita, tetapi belum tentu biasa untuk orang lain. Apalagi bagi Vlogger, terutama

Chef yang Piawai Bermusik dan Hobi Ngevlog, Kisah Inspiratif Sous Chef Swiss-Belhotel Jambi Ricky
Tribunjambi/Fitri
Ricky, Sous Chef Swiss-Belhotel Jambi. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Pekerjaan sehari-hari yang dilakoni mungkin biasa untuk kita, tetapi belum tentu biasa untuk orang lain. Apalagi bagi Vlogger, terutama yang memiliki pekerjaan, bisa menjadikan pekerjaannya sebagai konten videonya. Hal tersebut dilakukan oleh Ricky, Sous Chef Swiss-Belhotel Jambi asal Kalimantan Timur.

Disela kesibukannya sebagai chef, pria kelahiran Balikpapan, 5 Januari 1988 ini juga meluangkan waktunya membuat video untuk kanal YouTube miliknya. Tentu saja bertema masak-masak dan makanan.

Selain suka memasak ia juga memiliki hobi bermusik. Ricky bermain bersama Band Predator, band yang dia dirikan bersama teman-temannya, sebagai pemain bass. Bandnya juga aktif tampil di berbagai event saat ia masih bekerja di Kalimantan. Tetapi dia lebih memilih untuk memfokuskan karir sebagai chef.

Setelah menyelesaikan pendidikan di SMK 4 Balikpapan, Ricky melanjutkan pendidikan di Politeknik Tata Boga, tetapi dia tidak menyelesaikan pendidikan di bangku kuliah.

"Karena saya dapat tawaran job di luar Kalimantan, jadi saya ambil tawaran pekerjaan tersebut terpaksa kuliahnya berhenti," katanya.

Pertama kali bekerja di hotel dia diterima sebagai Pastry Bakery di salah satu hotel berbintang di Kalimantan Timur. Saat itu ia belum menerima ijazah dan bisa bekerja karena rekomendasi sekolah. Setelah ijazah miliknya keluar ia melamar kembali di hotel tempat ia bekerja.

"Selama satu tahun saya melakoni pekerjaan sebagai Pastry Bakery, lalu saya pindah ke hotel lain sebagai Main Kitchen," ujarnya.

Saat ini Ricky sebagai Sous Chef di Swiss-Belhotel Jambi. Posisi saat ini tidak serta merta dia dapatkan. Ricky memilih lama belajar di bagian Cook Helper, hal tersebut karena pesan orangtuanya yang dia terus pegang dan keinginan untuk belajar dari awal.

"Karena saya ingat pesan orang tua saya, kalau kita mau membangun rumah, kita harus kuatkan tiang pondasinya, jadi jika dalam bekerja, saat posisi kita sudah di atas dalam pekerjaan, posisi kita sudah kuat karena pondasi tadi (pengalaman dan ilmu)," tegasnya.

Ricky telah merantau di berbagai daerah hingga keluar negeri. Dia sudah pernah bekerja di Thailand, Malaysia, Singapura, hingga Ohio, Amerika Serikat.

"Di Ohio tidak sampai setahun karena keluarga memanggil pulang, akhirnya kembali ke Indonesia," katanya.

Kenalkan Start of The Sea

Segudang pengalaman yang dia dapatkan selama bekerja di dunia Hospitality Industry dia anggap sebagai pengalaman seru dan sangat menyenangkan. Ricky mengatakan sangat menikmati pekerjaannya dan memahaminya.

Saat ini di Swiss-Belhotel Jambi dia ingin mengangkat masakan Western dan masakan Thailand. Ricky juga memperkenalkan menu baru bertema Start of The Sea, di antaranya makanan khas Thailand yang segar berbahan ikan, kepiting, udang dan menu seafood lainnya.

"Satu di antaranya Pla Gapong Daeng Thod Yam Ma-Moung, ikan Gurame goreng yang dipadukan dengan saos mangga dan sayur salad yang segar," pungkasnya.

Penulis: fitri
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved