Berita Jambi

Disdik Optimis Rehab Gedung SD dan SMP di Kota Jambi, Rampung Sebelum Desember

Disdik Optimis Rehab Gedung SD dan SMP di Kota Jambi, Rampung Sebelum Desember

Disdik Optimis Rehab Gedung SD dan SMP di Kota Jambi, Rampung Sebelum Desember
Tribunjambi/Rohmayana
Pembangunan 3 Ruang kelas Baru melalui dana DAK di SDN 47 Kota Jambi. Disdik Optimis Rehab Gedung SD dan SMP di Kota Jambi, Rampung Sebelum Desember 

Disdik Optimis Rehab Gedung SD dan SMP di Kota Jambi, Rampung Sebelum Desember

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Pemerintah pusat menggelontorkan dana sekitar Rp 22 miliar Dana Alokasi Khusus (DAK) di bidang pendidikan untuk Kota Jambi.

Dana tersebut digunakan untuk merehabilitasi 57 sekolah, baik Sekolah Dasar (SD) maupun Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang ada di Kota Jambi.

Kabid Dikdas Disdik Kota Jambi, Supardi melalui Kasubbid Pembinaan SD, Latiep saat dijumpai beberapa waktu lalu mengatakan, proses rehabilitasi dan pembangunan sejumlah Ruang Kelas Baru (RKB) ditargetkan rampung pada Desember 2019.

Baca: MENABUNG Tiap Hari, Suratmo Bayar Sekolah Anak Rp 1.2 Juta Pakai Uang Koin, Pernah Bawa Pakai Kardus

Baca: Daerah Kesulitan Cari Dokter Spesialis, Keluarkan Anggaran Jasa Rp 15 Juta/bulan

Baca: Tambah Pengetahuanmu di Pameran Rumah Peradaban Komplek Percandian Muaro Jambi, di Lippo Plaza Jambi

Rinciannya, sebanyak 43 SD dan 14 SMP. Meliputi pembangunan RKB, rehab ruang kelas, ruang guru, ruang kepala sekolah, perpustakaan, toilet dan lainnya.

Menurutnya, pembangunan dan rehabilitasi menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang pendidikan.

“Kita menergetkan semua rampung pada Desember 2019. Kita berharap melalui rehabilitasi ini proses belajar mengajar di sekolah bisa berjalan maksimal dan nyaman,” harapnya.

Baca: Dapat 2 Sekaligus, JNE Raih Penghargaan Tingkat Nasional dan Internasional

Baca: Prakiraan Cuaca BMKG Senin (30/9) Esok, Jambi dan Pontianak Diguyur Hujan Lebat!

Baca: Warga Cempaka Putih Merasa Terbantu, Lewat Program Bangkit Berdaya Pemkot Jambi

Sementara untuk anggaran pada tingkat SD tahun ini senilai sekitar Rp 12 miliar, dan sudah terpakai sekitar Rp 9 miliar.

“Karena beberapa sekolah ada yang marger. Jadi pos anggarannya tidak terpakai. Ini meliputi pembangunan RKB, rehab toilet, perpusatakaan, termasuk juga biaya perencanaan ada di situ,” terang Latiep.

Sejauh ini, progresnya baru mencapai 25 persen. Sedangkan untuk tahap pencairan DAK sendiri. Baru memasuki tahap pertama.

“Ya kita optimis ini terkejar hingga Desember. Salah satu yang menerima DAK itu seperti SD 13 di Jambi Timur. Tahap kedua nanti itu pencairan 45 persen, sisanya baru di tahap ketiga.” ujar Latiep.

Sementara itu, untuk jenjang SMP total DAK yang diterima senilai Rp 10.981.300.860. Rp 8.335.447.00 di antaranya dipergunakan untuk membangun maupun rehab 14 sekolah yang ada di Kota Jambi.

Disdik Optimis Rehab Gedung SD dan SMP di Kota Jambi, Rampung Sebelum Desember (Rohmayana/Tribunjambi.com)

Penulis: Rohmayana
Editor: budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved