Mengenal Sosok Putri Sartika, Perempuan Jambi yang Bakal Jadi Pelatih Sepak Bola Wanita

Asap masih sedikit mengaburkan langit di Jambi. Meski begitu, aktivitas olahraga di stadion Tri Lomba Juang tetap berjalan.

Mengenal Sosok Putri Sartika, Perempuan Jambi yang Bakal Jadi Pelatih Sepak Bola Wanita
Tribunjambi/Nurlailis
Putria Sartika, ia akan mengikuti pelatihan sebagai pelatih lisensi D nasional khusus wanita. 

Mengenal Sosok Putri Sartika, Perempuan Jambi yang Bakal Jadi Pelatih Sepak Bola Wanita

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Asap masih sedikit mengaburkan langit di Jambi. Meski begitu, aktivitas olahraga di stadion Tri Lomba Juang tetap berjalan. Sore ini Tribunjambi.com berencana menemui Putria Sartika, ia akan mengikuti pelatihan sebagai pelatih lisensi D nasional khusus wanita.

Usai menyelesaikan jogingnya kami berbincang di pinggiran lapangan. Wanita kelahiran Sakernan 15 September 1989 ini lolos dalam seleksi pelatihan pelatih sepak bola wanita. Ia menjadi satu-satunya perwakilan Jambi untuk tingkat nasional.

“Saya ditunjuk untuk mewakili Provinsi Jambi di Jakarta. Ada sekitar 70an peserta yang mendaftar dan yang lolos ada 40. Saya lolos dan satu-satunya dari Jambi,” ungkapnya, Kamis (26/9).

Baca: Tak Cuma Dandhy Laksono, Ananda Badudu Cucu Guru Besar Bahasa Indonesia JS Badudu Ditangkap Polisi

Baca: Geruduk Gedung DPRD Batanghari, Ini yang Dituntut Mahasiswa

Baca: Ernest Prakasa Minta Pertanggungjawaban Jokowi Soal Penangkapan Eks Vokal Banda Neira Ananda Badudu

Baca: Mama, Aku Pulang Telat Ya Kalimat Terakhir Bagus Putra, Tewas saat Aksi Pelajar Tolak RUU KUHP

Baca: Puluhan Mahasiswa Geruduk Gedung DPRD Batanghari Protes RUU KUHP

Ia akan mengambil lisensi ini untuk mendalami ilmu cara melatih sepak bola wanita. Menurutnya sepak bola wanita di Jambi ini masih baru dibentuk yaitu pada 2019 ini. untuk itulah ia ingin memajukan sepak bola di Jambi ini.

Pelatihan ini diselenggarakan oleh Kemenpora RI bekerja sama dengan Asprov PSSI DKI Jakarta. Pelatihan dilaksanakan pada 29 September hingga 6 Oktober.

Tika, sapaan akrabnya telah menekuni atletik sejak 2003. Ia juga telah mengharumkan nama Jambi ditingkat nasional. Semasa kuliah di Porkes Unja ia pun menekuni futsal putri dan sempat ikut Pomnas di Batam dan Palembang.

“Setelah lulus kuiah saya melatih futsal putri di Muaro Jambi. Kalau ada turnamen futsal dulu saya ikut sebagai wasit wanita. Di Jambi hanya ada dua wasit futsal wanita,” ungkapnya.

Wanita yang mengidolakan Ronaldo dan Messi ini mengikuti perwasitan level 3 di Palembang pada 2017. Setelahnya melanjutkan level 2 di Tanjabar dan level 1 nasional di Jambi pada 2018.

Saat ini ia menjadi guru honor di SMA 8 Muarojambi. Selain itu ia juga masih aktif melatih futsal dan atletik disabilitas.

“Selama ini tidak pernah merasa bosan. Justru apapun suasana hatinya selalu ingin berlatih ke lapangan. Olahraga itu menyenangkan, selain itu juga menyehatkan bahkan menghasilkan,” ujarnya.

Baca: VIDEO: Fakta-fakta Tewasnya Mahasiwa UHO Saat Demo, Detik-detik Ayah Randi Histeris Melihat Jasadnya

Baca: Bakal Ada Tsunami Lagi? Terawangan Jitu Roy Kiyoshi Terbukti Ampuh Soal Ahok dan Puput Nastiti Devi

Baca: Ernest Prakasa Minta Pertanggungjawaban Jokowi Soal Penangkapan Eks Vokal Banda Neira Ananda Badudu

Selama menekuni olahraga ini pula ia kerap mengalami pertentangan dan hambatan. Yang menguatkannya adalah dukungan yang selalu hadir dari keluarga.

“Harapan saya Jambi sepak bolanya bisa maju kalau bisa juga ditingkat nasional,” pungkasnya. (lai)

 
 

Penulis: Nurlailis
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved