Atasi Krisis Air Bersih, Pemkot Jambi Salurkan 55 Ribu Liter di Lima Kecamatan

Pemerintah Kota Jambi telah membentuk tim terpadu terkait masalah kekeringan dampak dari musim kemarau.

Atasi Krisis Air Bersih, Pemkot Jambi Salurkan 55 Ribu Liter di Lima Kecamatan
Tribunjambi/Rohmayana
Penyaluran air bersih di kecamatan Paal Merah, Kota Jambi. 

Atasi Krisis Air Bersih, Pemkot Jambi Salurkan 55 Ribu Liter di Lima Kecamatan

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI- Wali Kota Jambi Syarif Fasha mengintruksikan kepada tim terpadu penanganan kekeringan yang dipimpin Asisten 1 Setda kota Jambi, Mukhlis bersama PDAM Tirta Mayang untuk menyalurkan air bersih gratis kepada daerah yang mengalami kekeringan parah.

Menurut Mukhlis, Pemerintah Kota Jambi telah membentuk tim terpadu (timdu) terkait masalah kekeringan ini. Wali Kota, kata Mukhlis, telah memerintahkan kepadanya untuk mengkoordinasikan penyaluran air bersih ini.

"Melalui tim terpadu penanganan masalah kekeringan dan bencana asap ini, (Wali Kota Jambi) memerintahkan kepada kami untuk melakukan kerjasama dengan PDAM untuk mensuplai daerah-daerah yang rawan air bersih," ujar Mukhlis.

"Itu ada 5 Kecamatan yang memang betul-betul mengalami dampak kekeringan, yaitu pertama Kecamatan Kota Baru, Kecamatan Palmerah, Kecamatan Alam Barajo, Kecamatan Jambi Selatan dan Jambi Timur.

Baca: Gagal Selundupkan 154 Ribu Benih Lobster, Warga Jakarta Ditangkap Polda Jambi

Baca: Rebut Hadiah Juataan di International Coffee Day, Ikut Loba Foto dan Vlog Begini Caranya

Baca: Dirut RS Sungai Bahar Berharap Bupati Masnah Dukung Upaya Kenaikan Akreditasi

Baca: Rawan Banjir, Drainase di Kota Jambi Ditumbuhi Pohon Pisang

"Jadi di titik-titik itu nanti mulai hari ini akan dilakukan penyuplaian air dan akan disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat di situ. Itu secara gratis diberikan oleh Pemda Kota lebih kurang sekitar 500 ribu liter selama kegiatan ini," jelasnya.

Ia menambahkan, apabila dibutuhkan lagi air bersih tersebut, akan ditambah oleh Walikota Jambi. Terkait mekanisme penambahan nantinya, sesuai rapat timdu dengan para camat melaporkan titik-titik atau daerah-daerah yang kesulitan air.

"Itu sudah kami rekap dan kami berikan kepada PDAM untuk disuplai air di titik-titik itu. Dan juga kami minta bantuan dari Damkar dan DLH untuk tangki-tangkinya."

"Untuk 6 Kecamatan lain, apabila di daerah yang kekurangan air bersih itu juga bisa memberikan laporan kepada kami, untuk kami tindaklanjuti. Penyaluran ini sampai kondisinya kondusif dan mudah-mudahan beberapa hari ini hujan dan kembali normal," tutup Mukhlis.

Sementara Jubir Pemkot Jambi Abu Bakar mengatakan untuk menunjang efektivitas distribusi air oleh PDAM Tirta Mayang keseluruh wilayah Kota Jambi, saat ini armada mobil tangki air, ditambah dengan mobil Damkar dan Pertamanan (DLH Kota Jambi). Pendistribusikan bantuan air bersih dimulai dari jam 09.00 WIB hingga jam 17.00 WIB setiap hari.

"Dari 3 hari operasi (senin sampai rabu), baru 55.000 liter (11%) dari target 500 ribu liter yang akan disalurkan," pungkasnya. (RohmaYana)

Penulis: Rohmayana
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved