Berita Tanjab Barat

Event Nasional TTG di Bengkulu, Tanjab Barat Tampilkan Teknologi Penyiram Tanaman dari Tenaga Surya

Event Nasional TTG di Bengkulu, Tanjab Barat Tampilkan Teknologi Penyiram Tanaman dari Tenaga Surya

Event Nasional TTG di Bengkulu, Tanjab Barat Tampilkan Teknologi Penyiram Tanaman dari Tenaga Surya
IST
Event Nasional TTG di Bengkulu, Tanjab Barat Tampilkan Teknologi Penyiram Tanaman dari Tenaga Surya 

Event Nasional TTG di Bengkulu, Tanjab Barat Tampilkan Teknologi Penyiram Tanaman dari Tenaga Surya

TRIBUNJAMBI.COM, KUALA TUNGKAL - Bupati Tanjung Jabung Barat Safrial, hadiri gelaran event nasional tahunan Teknologi Tepat Guna (TTG) XXI Tahun 2019 yang diselenggarakan di Provinsi Bengkulu, Senin (22/9/2019).

Gelaran Teknologi Tepat Guna (TTG) dipusatkan di Sport Center Bengkulu mulai Minggu 21 hingga 25 September 2019.
Berdasarkan keterangan dari kadis PMD Tanjab Barat Mulyadi, gelaran TTG untuk Tahun depan akan dilaksanakan di Provinsi Jawa Barat.

Bupati Tanjab Barat Safrial melalui Kadis PMD Mulyadi menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya gelaran event Nasional TTG di Provinsi Bengkulu tersebut.

Mulyadi juga menyampaikan, Kabupaten Tanjung Jabung Barat menampilkan teknologi penyiram tanaman dari energi Tenaga Surya yang merupakan karya putra/putri daerah asal Kecamatan Bram Itam.

Bupati Tanjab Barat, Safrial menghadiri event nasional TTG di Bengkulu
Bupati Tanjab Barat, Safrial menghadiri event nasional TTG di Bengkulu (IST)

"Mudah- mudahan itu bisa ditiru oleh peserta lain dan lebih dikembangkan lagi, dan kita juga bisa mencari informasi tentang apa saja yang bisa dikembangkan dan diterapkan di Kabupaten Tanjung Jabung Barat" jelas Mulyadi.

Pada kesempatan yang sama, Camat Bram Itam Hendri Fonda selaku pembina Posyantek Bram Itam memaparkan Tanjung Jabung Barat menampilkan Penemuan alat penyiram tanaman otomatis bertenaga surya, yang penemunya bernama Darmatasiah asal Desa Semau, Kecamatan Bram Itam.

"Posyantek menghasilkan penemuan berupa alat penyiram tanaman otomatis bertenaga surya, Alat tersebut merupakan hasil pemikiran dari timbulnya permasalahan masyarakat yang tidak punya waktu untuk menyiram tanamannya sehari-hari, Sehingga munculah penemuan alat tersebut," ujarnya.

Baca: Terdengar Ledakan Sampai 5 Kali, Kebakaran di Tanjab Barat Minggu Malam Hanguskan Bedeng 13 Pintu

Baca: Balita & Lansia Rentan Terserang ISPA, Pemkab Tanjab Barat Siapkan 2 Rumah Singgah, Ini Lokasinya

Baca: Dugaan Jual Beli Lahan Perusahaan, Ini Tanggapan Manager PT REKI

Menteri Eko Putro Sandjojo yang hadir untuk membuka acara Gelar Teknologi Tepat Guna (GTTG) XXI tahun 2019 Dalam sambutannya mengatakan Gelar TTG dilaksanakan setiap tahunnya secara bergantian di setiap provinsi.

TTG sendiri merupakan salah satu cara untuk mendorong terwujudnya kemandirian dan kesejahteraan masyarakat dalam rangka meningkatkan akses masyarakat terhadap teknologi tepat guna.

Dijelaskannya, TTG merupakan jenis teknologi yang banyak ragamnya sesuai dengan bidang ilmu dan penerapannya. Teknologi ini dirancang untuk masyarakat tertentu sesuai dengan aspek lingkungan, budaya, sosial, politik dan ekonomi masyarakat.

Baca: Penangkapan Para Pelaku Perambahan & Pembakaran Hutan di PT REKI, Ini Penjelasan Kapolres Batanghari

Baca: UPDATE TERKINI Kerusuhan di Wamena Papua, 16 Warga Tewas dan 65 Orang Luka-luka

Baca: BREAKING NEWS, Giliran Kerinci dan Sungaipenuh Liburkan Sekolah, Kabut Asap Makin Pekat

"TTG diciptakan untuk membuat pekerjaan manusia semakin mudah serta mampu meningkatkan nilai ekonomi. Sehingga mempermudah pekerjaan dan tekniknya tidak melelahkan, tidak repot mengerjakan secara manual sekaligus kebersihannya pun lebih terjamin serta hasilnya lebih berkualitas dan higienis" ujarnya.

Event Nasional TTG di Bengkulu, Tanjab Barat Tampilkan Teknologi Penyiram Tanaman dari Tenaga Surya (Darwin Sijabat/ Tribunjambi.com)

Penulis: Darwin
Editor: budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved