Beragam Motif Batik dan Tenun se Indonesia Dipamerkan di Museum Siginjei Jambi

Semua kain klasik tradisional yang dipamerkan baik tenun dan batik dihadirkan di museum Siginjei dari berbagai daerah di Indonesia.

Beragam Motif Batik dan Tenun se Indonesia Dipamerkan di Museum Siginjei Jambi
Tribunjambi/Dedy Nurdin
Pameran nasional kain tradisional nusantara tahun 2019 di Museum Siginjei Provinsi Jambi. 

Beragam Motif Batik dan Tenun se Indonesia Dipamerkan di Museum Siginjei Jambi

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Antusias sejumlah pengunjung saat menyaksikan pameran nasional kain tradisional nusantara tahun 2019 di Museum Siginjei Provinsi Jambi, ini terlihat pada Kamis (19/9/2019) siang.

Sejumlah pelajar tampak teliti memperhatikan tiap-tiap stand berisi kain batik dan kain tenun klasik. Beberapa di antaranya mengabadikan dengan kamera handphone.

Seorang wanita menghampiri rombongan siswa sambil menjelaskan tentang kain yang dipamerkan di setiap stand, sebuah papan berisi penjelasan disertai angka dan keterangan tertulis terpasang di depan stand.

Ada pula brosur yang dipasang di depan setiap stand, Dwi salah seorang guru SMK 4 Kota Jambi mengatakan, ia merasa tertarik dengan pameran tersebut.

Baca: Tidak Ditemukan Jejak Harimau, BKSDA Jambi Tetapkan Desa Suka Maju Aman

Baca: Tanda-tanda Anak Presiden Jokowi Bakal Maju Pilkada Solo 2020, Ternyata sudah Pedekate Pak Rudi

Baca: Video Aksi Heroik Petugas Damkar Evakuasi Nenek 93 Tahun dari Dasar Sumur

Baca: Gadis Incaran Kevin Sanjaya Lari ke Pelukan Jonatan Christie, Keturunan Tokoh Dinasti Qing Abad 18

Ia datang bersama lima orang siswanya yang sedang magang. "Kebetulan kami memang ada mata pelajaran busana tekstil, ini masuk kedalam mata pelajaran bagai mana siswa bisa mengenal produk tradisional kain batik dan tenun dari setiap daerah," katanya.

Baginya pameran tersebut sangat bermafaat, sehingga generasi muda bisa mengenal produk kain klasik beserta ciri khas dan motif yang kaya.

"Sangat bermanfaat sekali, kita mengenalkan motif kepada anak-anak didik, mereka bisa mengenal kekayaan budaya Indonesia, makanya tadi saya ajak kemari. Apa lagi ini momentum jarang bisa ditemukan belum tentu tiap tahun ada," katanya lagi.

Semua kain klasik tradisional yang dipamerkan baik tenun dan batik dihadirkan di museum Siginjei dari berbagai daerah di Indonesia.

"Dari mulai Aceh sampai Papua ada semua, dan ini kain tenun dan batik khas tiap daerah semua dari sekitar 33 peserta tiap museum provinsi," katanya.

Halaman
123
Penulis: Dedy Nurdin
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved