Pameran Nasional Kain Tradisional Nusantara Dimeriahkan Aneka Kegiatan

Pameran Nasional Kain Tradisional Nusantara yang digelar di Museum Siginjei banyak diisi kegiatan

Pameran Nasional Kain Tradisional Nusantara Dimeriahkan Aneka Kegiatan
Tribunjambi/Jaka HB
Menyulam kain dengan benang emas 

TRIBUNJAMBI.COM- Pameran Nasional Kain Tradisional Nusantara yang digelar di Museum Siginjei dibuka Selasa 17 September 2019.

Mudzakir, Kasubag TU Museum Siginjei mengatakan aka nada banyak kegiatan selama pameran berlangsung pada 17- 21 September 2019 tersebut.

“Selain dilaksanakan pameran yang berskala nasional juga dilaksanakan pameran khusus kain Jambi di ruang pameran temporer,” katanya kemarin.

Untuk diketahui museum-museum dari seluruh Indonesia akan memamerkan koleksi kain mereka pada event ini.

Menurut Mudzakir, kegiatan lainnya adalah bazar, berbagai lomba seperti lomba membatik, lomba desain batik, lomba melukis batik pada gerabah, lomba mewarnai, lomba menyayi lagu dan tari daerah.

Dan setiap malamnya, kata dia, dilaksanakan malam hiburan.

Untuk kesuksesan acara ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi melalui UPTD Museum Siginjei telah menjalin kerja sama dengan berbagai pihak.

Baca: Penanganan Karhutla yang Terkesan Terlambat

Baca: Jambi Muara Kopi Semesta

Baca: TRIBUNWIKI: Melihat Pesona Masjid-masjid Tua di Kabupaten Bungo, Ada yang Dibangun Sejak 1812 M

Baca: Udara Kota Jambi Berasap, Ini Cara Membuat Alat Penjernih Udara Sederhana

Antara lain, dengan Disperindag Provinsi Jambi, sejumlah UKM, Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Jambi, Dinas Pendidikan Provinsi dan Kota Jambi, Dekranasda, para perajin batik, songket, sulaman dan tenun di Jambi.

“Jadi selain bertujuan untuk meningkatkan ilmu dan pengetahuan masyarakat tentang kain dari seluruh provinsi di Indonesia yang tidak kalah pentingnya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, itulah makanya dibuka kegiatan bazar,” paparnya.

Pameran Nasional Kain Tradisional Nusantara merupakan event nasional yang diikuti oleh museum negeri dan swasta dari 33 provinsi di Indonesia.

Kegiatan ini didukung oleh  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Ditjen Kebudayaan Direktorat Cagar Budaya dan Permuseuman.

Pelaksanaanya dilakukan secara bergilir di 33 provinsi.

Tahun 2018 diadakan di Museum Sri Baduga, Provinsi Jawa Barat, tahun ini di Museum Siginjei, Jambi. Selanjutnya direncakan digelar di Mamasa, Sulawesi Barat. (wan/*)

Editor: deddy
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved