Jelang Pemilihan Kepala Desa Serentak Bagian Pemdes Setda Tanjab Timur Gencar Sosialisasi

Dalam persiapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades), Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim)

Jelang Pemilihan Kepala Desa Serentak Bagian Pemdes Setda Tanjab Timur Gencar Sosialisasi
TRIBUNJAMBI/ABDULLAH USMAN
Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), memberikan sosialisasi bagi para panitia Pilkades di Kecamatan Geragai, Selasa (3/9/2019) 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA SABAK -  Dalam persiapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades), Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), memberikan sosialisasi bagi para panitia Pilkades di Kecamatan Geragai, Selasa (3/9/2019).

Kegiatan ini dilaksanakan oleh panitia Pilkades Kabupaten, dalam hal ini Bagian Pemerintahan Desa dan Kelurahan Setda Tanjabtim.

"Kegiatan ini dibagi menjadi dua wilayah, yaitu wilayah Barat berlokasi di Kantor Camat Geragai, dan wilayah Timur berlokasi di Kantor Camat Rantau Rasau," kata Kabag Pemdes dan Kelurahan, Rozak.

Dia menjelaskan Rozak, materi yang disampaikan pada sosialisasi ini, antara lain pedoman hukum pelaksanaan Pilkades, mekanisme pelaksanan Pilkades dan tahapan Pilkades, serta jadwal Pilkades.

Untuk pembukaan pendaftaran Bakal Calon Kepala Desa Cakakades) akan dilaksanakan secara serentak pada tanggal 6 September S/D 26 September 2019.

Baca: Belasan Siswa SD Diduga Jadi Korban Pencabulan Guru SD, Pelaku Kabur Usai Ketahuan Lakukan Ini!

Baca: Pasca Bentrokan Suporter Persik Kediri Dengan Suporter PSIM, Pasoepati Dilarang ke Kediri!

Baca: VIRAL Bu Guru Astiah Dikeroyok Wali Murid di Kelas, Begini Ternyata Fakta Kejadian Sebenarnya!

"Bagi para cakades dapat mendaftar di kantor Desa masing-masing. Persyaratan, dan contoh kelengkapan administrasi yang harus dilengkapi dapat diambil di panitia Pilkades tingkat desa," sebutnya.

Diberitakan sebelumnya, pada tahun 2019 ada sebanyak 28 desa yang bakal melaksanakan Pilkades serentak diantaranya di Kecamatan Nipah panjang ada Tiga desa, Kecamatan mendahara ada Empat desa, Kecamatan rantau rasau ada Lima desa, Kecamatan Sadu ada satu desa, Kecamatan dendang ada dua desa, Kecamatan muara sabak timur ada Empat desa, Kecamatan Kuala jambi ada Satu desa, Kecamatan mendahara ulu ada Tiga desa, Kecamatan geragai ada Empat desa dan Kecamatan Berbak ada satu desa.

"Pada Juli ini bagian pemdes Setda Tanjabtim mulai melakukan sosialisasi dan bimbingan teknis kepada para panitia Pilkades yang ada di desa sekaligus sosialisasi terkait revisi perda nomor 2 tahun 2016 tentang pemerintahan desa," jelasnya

Sementara Tahap persiapan dan tahap penyelesaian perselisihan apabila terjadi sengketa akan dilaksanakan mulai Agustus hingga Desember 2019, Proses tahapan ini lebih dipercepat dari agenda sebelumnya yang dijadwalkan dimulai pada November 2019.

Adapun proses tahapan untuk persiapan di bulan Agustus diantaranya melakukan pendataan penyusunan dan penetapan daftar pemilih sementara DPS pengumuman DPS usulan perbaikan DPS penetapan daftar pemilih tetap atau DPT.

Penulis: Abdullah Usman
Editor: bandot
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved