Bahaya Dibalik Cara Verifikasi Akun dengan Foto Selfie dan Kartu Identitas, Ini Cara Supaya Aman!

Pernahkah Anda diminta untuk mengupload/mengirim foto selfie sambil menunjukkan kartu identitas seperti KTP atau SIM, untuk meverifikasi sebuah akun

Bahaya Dibalik Cara Verifikasi Akun dengan Foto Selfie dan Kartu Identitas, Ini Cara Supaya Aman!
www.dreamstime.com
Seorang Wanita Mengabadikan Momen Selfie di Pesawat 

TRIBUNJAMBI.COM- Pernahkah Anda diminta untuk mengupload/mengirim foto selfie sambil menunjukkan kartu identitas seperti KTP atau SIM, untuk meverifikasi sebuah akun secara online?

Misalnya saja ketika mendaftar akun bank secara online atau mendaftar akun di e-commerce.

Biasanya, para administrator meminta foto tersebut untuk memvalidasi identitas, keperluan pengamanan ekstra, atau hal lainnya.

Cara tersebut memang memberi kemudahan ketimbang melakukan pendaftaran secara offline. Namun, ada bahaya yang mengintai di balik cara verifikasi akun dengan foto selfie dan kartu identitas.

Bukannya administrator dari bank atau e-commerce, selfie dengan identitas pribadi Anda bisa jadi nyasar ke para scammers. Hal ini pernah terjadi pada 2017 lalu.

Baca: Muzammil Hasballah Kabarkan Bayinya Meninggal Dunia, Komentar Teuku Wisnu Jadi Sorotan Netizen

Baca: TMMD Kodim Sarko Segera Dimulai, Rencanakan Benahi Kampung SAD di Lubuk Jering, Sarolangun

Baca: Dampak Video Pamitan, Ria Ricis Depresi Setelah Bertubi-tubi Di-bully Netizen

Sebuah laman tiruan PayPal mencoba memancing pengguna untuk mengunggah kredensial PayPal, detail riwayat pembayaran kartu, dan juga foto selfie dengan pengguna memegang kartu identitasnya.

Laman itu dikirimkan pelaku melalui sebuah e-mail spam.

Setelah pengguna tanpa sadar memenuhi semua permintaan identitas di laman tersebut, maka pelaku akan mencoba masuk akun PayPal asli korban.

Dalam keterangan resmi Kaspersky yang diterima KompasTekno, Selasa (3/9/2019), para scammer juga bisa membuat akun atas nama korbannya.

Akun tersebut bisa digunakan untuk bermacam hal, salah satunya melakukan penukaran mata uang kripto untuk pencucian uang.

Halaman
1234
Editor: rida
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved