Jelang Pilkades Serentak di Tanjab Timur, Pemdes Antispasi Cakades Gunakan Ijazah Palsu

Jelang pelaksanaan Pilkades serentak, Pemerintah Tanjab Timur soroti terkait kelengkapan berkas Cakades terutama ijazah.

Jelang Pilkades Serentak di Tanjab Timur, Pemdes Antispasi Cakades Gunakan Ijazah Palsu
Tribunjambi/Abdullah Usman
Kabag Pemdes dan Kelurahan Setda Tanjab Timur Abdul Razak. 

Jelang Pilkades Serentak di Tanjab Timur, Pemdes Antispasi Cakades Gunakan Ijazah Palsu

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA SABAK - Jelang pelaksanaan pemilihan Kepala Desa serentak gelombang II tahun 2019, Pemerintah Tanjab Timur soroti terkait kelengkapan berkas Cakades terutama ijazah. 

Menghindari adanya pemalsuan dan tindakan kecurangan dalam memanipulasi data pemalsuan pendidikan, bagi para calon Kepala Desa (Cakades) dalam pemilihan serentak gelombang II. 

Pemerintah Tanjung Jabung Timur melalui bagian Pemerintah Desa dan Kelurahan, dalam mempersiapkan pemilihan Cakades tersebut persyaratan ijazah para calon menjadi perhatian khusus.

Hal tersebut, dilakukan guna ditemukannya para calon yang sengaja menggunakan ijazah palsu demi melancarkan misinya untuk menjadi calon Kades. Mengingat dalam pemilihan serentak glombang II terbuka untuk umum. 

Baca: Cegah Kebakaran Hutan dan Lahan, Bupati Safrial Minta Kepala Desa Buat Kanal

Baca: WNA Penyelundup 113.412 Benih Lobster di Jambi Divonis 3 Tahun Penjara

Baca: Besok Operasi Patuh Dimulai, Ini Cara Satlantas Polres Bungo Antisipasi Razia Gadungan

Baca: Satgas Karhutla Tanjab Barat Gelar Rapat Penanganan Karhutla, Bupati Safrial Ingatkan Selalu

Baca: VIDEO: VIRAL! Mobil Berpelat TNI Palsu Diburu Dandenpom di Tangerang

Waspada

Hal tersebut dikatakan Kabag Pemdes dan Kelurahan Setda Tanjab Timur Abdul Razak, usai menggelar sosialisasi perihal persiapan jelang Pilkades mengatakan, ada beberapa poin penting dalam sosialisasi persiapan pilkades serentak mendatang.

Selain membahas permasalahan kesiapan, aturan, juga pembentukan panitia Desa, Kecamatan dan Kabupaten. Juga tidak kalah menjadi sorotan terkait mata pilih dan juga kelengkapan berkas para cakades itu sendiri.

"Salah satunya yang kita antisipasi adanya cakades yang menggunakan ijazah palsu, mengingat para peserta harus melampirkan ijazah mereka dari ijazah SMP - tertinggi S1 Panitia harus mengecek keaslian ijazah tersebut," Jelsnya kepada Tribunjambi.com.

Lebih lanjut dikatakan pula, hal tersebut dilakukan mengingat dalam pemilihan kepala desa serentak ini dibuka secara umum. Dalam artian semua peserta calon kades dapat mendaftar meski berdomisili bukan dari daerah pilihan (pendatang). 

"Untuk itu peran panitia lebih ekstra lagi dalam mengantisipasi terkait ijazah palsu, diantaranya bisa meminta klarifikasi terhadap sekolah yang bersangkutan. Yang dilakukan oleh pihak panitia desa yang mengurus," jelasnya.

Hal tersebut dimungkinkan dilakukan pengecekan ijazah cakades tadi, jika dalam saat pengecekan berkas tersebut ada kejanggalan yang perlu diklarifikasi dan dibuktikan.

"Jika pendaftar dari luar Kabupaten panitia siap harus mengecek ijazah yang bersangkutan jika ada keraguan. Dimana pendaftar tadi bersekolah," jelasnya kepada Tribunjambi.com.

Lebih lanjut, selain pemalsuan ijazah, juga yang menjadi sorotan dan perhatian bersama termasuk antisipasi ijazah yang digunakan merupakan hasil jual beli ijazah. 

Baca: VIRAL, Rusmini Ibu yang Kepalanya Diinjak Anaknya Meninggal, Andri Nangis-nangis Minta Maaf

Baca: Lowongan Kerja BUMN Terbaru Lulusan SMA SMK Sederat, Besaran Gaji hingga Syarat Pendaftaran

Baca: Bibir Kepala Dinas Mendarat di Tubuh Staf, Ternyata Stafnya Istri Polisi, Berakhir Seperti Ini

Baca: Gigi Hadid Ketahuan Keluar Apartemen Bareng Tyler Cameron, Ini Daftar Pacar Sang Model

Perlu disampaikan juga, bagi para pelamar perlu mengetahui beberapa poin persyaratan lainnya diantaranya terkait batas usia minimum bagi peserta yang masih berstatus lajang.

"Bagi yang single tidak harus melampirkan surat nikah, artinya single boleh daftar dengan kategori umur harus minimal 25 tahun atau sudah pernah menikah boleh dibawah 25 saat daftar," pungkasnya. (usn)

Penulis: Abdullah Usman
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved