Kuasai Lima Bahasa, Pengalaman Irwan Kalahkan 900 Karyawan Hotel dari 45 Negara

Irwan Perwira Sembiring, saat ini menjabat GM Rumah Kito Resort Hotel Jambi. Tidak terhitung lagi pengalamannya di bekerja di bidang perhotelan.

Kuasai Lima Bahasa, Pengalaman Irwan Kalahkan 900 Karyawan Hotel dari 45 Negara
IST
Irwan bersama Ini Mr. Gerrard Guillouet, CEO So Asia Hotels. 

Kuasai Lima Bahasa, Pengalaman Irwan Kalahkan 900 Karyawan Hotel dari 45 Negara

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Irwan Perwira Sembiring, saat ini menjabat GM Rumah Kito Resort Hotel Jambi. Tidak terhitung lagi pengalamannya di bekerja di bidang perhotelan. Ia kerap membagikan pengalamannya dengan pegawai atau saat sedang memberikan materi pelatihan kepada anak anak baru di dunia pariwisata.

Awalnya tidak ada niatan Irwan untuk bekerja di perhotelan. Yang ia inginkan setelah menyelesaikan bangku sekolah hanya bekerja di salah satu supermarket terbesar di Indonesia.

"Dulu lulus SMA maunya langsung kerja, di Carrefour, udah dapat posisi, cuma kakak bilang sekolah dulu, sayanya gak mau tapi akhirnya masuklah ke Diploma I Perhotelan di Bogor, di situ saya belajar tentang perhotelan, room division dan lainnya," ujar Pria berdarah Cianjur dan Medan ini pada Tribunjambi.com, Senin (12/8).

Dari situ ia juga berkesempatan magang di Bintan, dan tidak lama berselang ia mendapat pekerjaan di Mandarin Oriental Jakarta sebagai office boy. Selama bekerja di Perhotelan ia juga sempat bekerja di salah satu hotel di Tanah Suci Mekkah selama 4,5 tahun menjadi front office.

Baca: Dilanda Kabut Asap, Aktivitas Sekolah di Muarojambi Tetap Berjalan Seperti Biasa

Baca: Cuaca di Arafah Lebih Bersahabat, Pasien Jemaah Calon Haji Jambi Menurun Drastis

Baca: Sumur Minyak Ilegal dan Tiga Bak Seller di Tahura Batanghari Terbakar, Tiga Motor Ikut Ludes

Baca: Peringati HUT RI ke 74, 226 Napi Lapas Kuala Tungkal Diusulkan Dapat Remisi

Baca: Dilanda Kemarau Panjang, Wakil Wali Kota Jambi Ajak Warga Salat Istisqa

"Enaknya kerja di dunia perhotelan, kita bisa belajar banyak bahasa, bisa bertemu banyak orang, bisa membaca karakter orang setiap harinya," tutur Irwan.

Petualangan pria yang memiliki hobi memancing dan traveling ini tidak sampai di situ saja. Ia pernah ke Amerika dan bekerja di kapal pesiar dan mendapat pengalaman yang menarik di sana.

Waktu bekerja di kapal pesiar di negara Paman Sam ia diterima sebagai Public Area. Selama 1,5 tahun bekerja di situ ia mendapat tiga kali promosi sampai akhirnya menjabat Assistant Housekeeping Manager.

"Saya harus bersaing dengan 900 karyawan dari 45 negara dan akhirnya saya yang terpilih jadi Assistant Housekeeping Manager, jadi bersaing dengan 900 karyawan dari 45 negara itu menjadi pengalaman yang luar biasa sekali," kenang ayah satu anak ini.

Karena ingin tahu perkembangan negara sendiri, ia memilih pulang ke Indonesia. Ia bekerja berkeliling ke beberapa kota di Indonesia di antaranya Parapat, Danau Toba, Cilegon, Papua, Sorong, Karimunjawa Surabaya, Semarang, Banyuwangi, Jakarta dan saat ini bekerja di Jambi, sebagai GM Rumah Kito Resort Hotel Jambi.

Selain menjabat sebagai GM, pria yang bisa lima bahasa asing ini juga aktif sebagai trainer khusus perhotelan sejak tahun 2016 lalu. Irwan sering memberikan pelatihan-pelatihan kepada anak pariwisata yang baru.

"Walaupun saya kerja di Jambi saya sebulan sekali ke Jakarta atau ke Medan memberikan pelatihan, berdasarkan undangannya kemana, kadang ada hotel yang minta untuk karyawannya dikasih motivasi atau training bisa perihal perjalanan karir, pengalaman, dan lainnya," jelasnya.

Baca: Sempat Lakukan Asusila pada Mawar, Begini Kronologi Pelaku Curas di Bungo Dibekuk Polisi

Baca: Kurangi Dampak Karhutla, Maulana Imbau Warga Kota Jambi Kurangi Aktivitas di Luar Rumah

Baca: Hilang Kendali, Motor Dokter Puskesmas di Sarolangun Masuk Selokan, Nasibnya Tragis

Baca: Niat Ketemu Pembeli, Pelaku Begal di Sarolangun Malah COD Sama Polisi

Ia beranggapan bekerja di perhotelan tidak mempermasalahkan jenjang pendidikan. "Mau SMP, SMA mau S1 semua punya kesempatan yang sama karena di hotel itu ilmu terapan, jadi semua orang bisa mengembangkan sendiri, jadi anak-anak yang maaf kata, belum bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi ada kesempatan yang sama untuk mendapatkan pekerjaan di dunia perhotelan khususnya, dunia perhotelan sendiri untuk kesempatan kerja di Indonesia sangat luas," tegasnya.

Irwan sendiri sangat terbuka bagi siapa saja yang bertanya padanya bagaimana pengalaman ia bekerja, bagaimana bisa bekerja di luar negeri atau bagaimana jika ingin bekerja di kapal pesiar. "Saya siap membagi pengalaman, hubungi aja IG saya (@1stperwira) gratis tanpa biaya," pungkasnya.

Penulis: fitri
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved