Berita Kerinci

Wajib Gunakan Jasa Pemandu, Wisatawan yang Lakukan Pendakian ke Gunung Kerinci, BBTNKS Keluarkan SK

Wajib Gunakan Jasa Pemandu, Wisatawan yang Lakukan Pendakian ke Gunung Kerinci, BBTNKS Keluarkan SK

Wajib Gunakan Jasa Pemandu, Wisatawan yang Lakukan Pendakian ke Gunung Kerinci, BBTNKS Keluarkan SK
ist
Pendaki Gunung Kerinci. Wajib Gunakan Jasa Pemandu, Wisatawan yang Lakukan Pendakian ke Gunung Kerinci, BBTNKS Keluarkan SK 

Wajib Gunakan Jasa Pemandu, Wisatawan yang Lakukan Pendakian ke Gunung Kerinci, BBTNKS Keluarkan SK

TRIBUNJAMBI.COM, KERINCI - Gunung Kerinci yang berada di provinsi Jambi merupakan gunung tertinggi di Sumatera. Atap Sumatera itu merupakan destinasi tujuan utama wisatawan manca- negara maupun nusantara.

Setiap harinya Gunung yang berada di Kabupaten Kerinci itu selalu ramai dikunjungi. Hal itu tentu menjadi peluang besar bagi pengembangan pariwisata petualangan.

Baru-baru ini, Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat (BBTNKS) mengeluarkan Surat Keputusan (SK) dengan nomor : SK. 158/T1/BIDTEK/KSA/9/2018 tentang standart oprasional prosudur pendakian Gunung Kerinci di Taman Nasional Kerinci Seblat.

Baca: Pendaki Gunung Kerinci, Bisa Tukar Sampah yang Dibawa dari Gunung dengan Kopi

Baca: Jadwal Siaran Langsung Liga Inggris di TVRI dan Mola TV Pekan Ini, Big Match Man United vs Chelsea

Baca: Sudah 11 Hari Lahan Gambut di Desa Arang-arang Terbakar, Masayarakat Desa Mulai Terpapar Asap

Salah satu point penting dalam SOP yang dikeluarkan BBTNKS adalah, setiap pendaki wajib mengunakan jasa pemandu atau porter yang telah ditetapkan oleh BBTNKS dan pemerintah daerah.

Merespon hal ini, Ketua Asosiasi Pemandu Gunung Indonesia Dewan Perwakilan Daerah Jambi (APGI DPD Jambi), Jhoni Masrul mengatakan, bahwa peraturan ini dari dulu sudah harus diterapkan.

Karena apapun bentuknya, kepemanduan lokal itu lebih memahami secara geografis dan sosiologi antropologi wilayah serta kearifan lokal.

Apa lagi di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat saat ini juga sudah ada Pemandu Gunung yang tersertifikasi dan di akui oleh negara.

"Jadi apapun bentuknya saya pikir sebagai ketua APGI Jambi tidak ada salahnya SOP pendakian Gunung Kerinci yang diberlakukan saat ini," ungkapnya.

Hal lainya dalam surat keputusan Kepala BBTNKS juga mewajibkan bagi setiap pendaki untuk membawa surat keterangan sehat, meninggalkan kartu Identitas saat melakukan pendakian, dan melakukan checklist barang bawaan yang berpotensi menghasilkan sampah untuk dibawa kembali turun dan diperiksa di pos jaga R10.

Angga salah satu lokal guide yang berada dikerinci mengatakan, pengelolaan Gunung Kerinci sedang berbenah ke arah yang lebih baik. Yakni kemajuan pariwisata di kerinci untuk terselenggaranya pariwisata yang berkwalitas aman dan nyaman.

"Terlepas nantinya akan ada yang pro dan kontra itu hal biasa. Karena setiap kebijakan atau peraturan tidak akan ada yang bisa membahagiakan semua pihak," ujar Angga, Kamis (8/8/2019).

Wajib Gunakan Jasa Pemandu, Wisatawan yang Lakukan Pendakian ke Gunung Kerinci, BBTNKS Keluarkan SK (Heru Pitra/Tribun Jambi)

Penulis: heru
Editor: budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved