Advetorial

BPJS Kesehatan Jambi Advokasi Pemda Untuk pengalihan Peserta PBI JK Non BDT menjadi PBI APBD

BPJS Kesehatan Cabang Jambi melakukan advokasi kepada pemerintah daerah untuk mendaftarkan Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBI-JK)

BPJS Kesehatan Jambi Advokasi Pemda Untuk pengalihan Peserta PBI JK Non BDT menjadi PBI APBD
IST
BPJS Kesehatan Jambi Advokasi Pemerintah Daerah Untuk pengalihan Peserta PBI JK Non BDT menjadi PBI APBD 

BPJS Kesehatan Jambi Advokasi Pemerintah Daerah Untuk pengalihan Peserta PBI JK Non BDT menjadi PBI APBD

TRIBUNJAMBI.COM - BPJS Kesehatan Cabang Jambi melakukan advokasi kepada pemerintah daerah untuk mendaftarkan Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBI-JK) yang tidak terdaftar pada Basis Data Terpadu (BDT).

Data tersebut yakni di Kementerian Sosial yang dinonaktifkan untuk kemudian menjadi penerima bantuan iuran jaminan kesehatan daerah yang dibiayai oleh APBD Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota.

Hal itu tersebut disampaikan oleh Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jambi Elshe Theresia pada Rabu (7/8/2019) di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Jambi.

"Alhamdulillah langkah dan advokasi untuk memberikan solusi bagi mereka peserta PBI non BDT yang telah dinonaktifkan oleh Kementerian Sosial tersebut itu diapresiasi baik oleh Pemerintah Daerah di wilayah kerja kami," kata Elshe

Total peserta Penerima Bantuan Iuran non BDT Kemensos yang dinonaktifkan di Wilayah Kerja BPJS Kesehatan Cabang Jambi sebanyak 37.761 orang, dengan rincian mutasi non aktif hingga Juni 2019 sebanyak 553 orang, dan penonaktifan PBI-JK non data terpadu per 01 Agustus sebanyak 37.208 orang.

Baca: BREAKING NEWS: ISPU Muaro Jambi Status Awas, Udara Terpapar Asap, Masyarakat Diimbau Kenakan Masker

Baca: Konser KOTAK di Sarolangun, Dikenai Denda Adat, Ini Kesalahan dan Denda yang Harus Dibayar Panitia

Sementara itu jumlah peserta penerima bantuan iuran (PBI) jaminan kesehatan pengganti sebanyak 35.750 orang atau peserta.

Wilayah Kerja BPJS Kesehatan Cabang Jambi meliputi, Kota Jambi, Kabupaten Muaro Jambi, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Kabupaten Tanjung Jabung Timur dan Kabupaten Batanghari.

“Dapat kami sampaikan bahwa untuk wilayah Kota Jambi, jumlah peserta yang PBI non aktif sebanyak 11.128 orang, sedangkan penggantinya sebanyak 4.796 orang, artinya jumlahnya berkurang sekitar tujuh ribuan dari sebelumnya, Jadi dinonaktifkan bukan tanpa pengganti, tapi benar-benar diverifikasi dan validasi kembali oleh kementerian sosial berdasarkan data terpadu yang diinput masing-masing dinas sosial di kabupaten dan kota," sebut Elshe

“Sementara itu di untuk wilayah Kabupaten Batanghari, jumlah peserta PBI non BDT yang tidak dibayarkan lagi iurannya sebanyak 5.045 orang dan penggantinya lebih banyak yakni 5.821. Kabupaten Muarojambi penonaktifan bagi 8.816 orang dan peserta PBI-JK pengganti sebanyak 5.569 orang, kemudian Kabupaten Tanjung Jabung barat penonaktifan terhadap 8.136 orang dan jumlah peserta PBI-JK pengganti sebanyak 13.861 serta Kabupaten Tanjung Jabung Timur jumlah yang dinonantifkan sebanyak 4.636 orang dengan PBI-JK pengganti sebanyak 4.796 orang,” Tambah Elshe

Halaman
12
Editor: bandot
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved