FOTO-FOTO Aksi Heroik Pemadaman Darurat Karhutla di Jambi, Asap Tiba di Malaysia

Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Jambi menjadi perhatian pemerintah pusat. Lihat foto-foto aksi pemadaman ini ...

FOTO-FOTO Aksi Heroik Pemadaman Darurat Karhutla di Jambi, Asap Tiba di Malaysia
(Tribun Jambi Edisi Selasa, 6 Agustus 2019)
Darurat Karhutla, Asap Tiba di Malaysia, Menteri LHK Minta Perhatian Gubernur 

FOTO-FOTO Aksi Heroik Pemadaman Darurat Karhutla di Jambi, Asap Tiba di Malaysia

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Jambi menjadi perhatian pemerintah pusat.

Setelah Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengirimkan dua unit helikopter, kemarin giliran Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan “menegur” Pemprov Jambi.

Hari ini (6/8), Gubernur Jambi Fachrori Umar dan seluruh gubernur, serta Danrem dan Kapolda diundang oleh Menkopolhukam di Jakarta membahas karhutla. Hal itu disampaikan Sekda Provinsi Jambi, M Dianto saat diwawancarai Tribun Jambi, Senin (5/8/2019).

Bahkan Dianto mengaku mendapatkan pesan WhatsApp dari Siti Nurbaya, Menteri LHK. "Tadi saya sampaikan bahwa saya mendapat WA langsung dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI yang menyampaikan bahwa di pemberitaan sudah ada beberapa wilayah di Malaysia sudah mendapatkan asap dari Indonsia," kata Dianto.

Baca Juga

 Siapa Sebenarnya Enzo Zens Ellie? Panglima TNI Ngobrol Bahasa Perancis dengan Calon Siswa Akmil

 Posisi Kaki Irish Bella Memang Selalu Beda, Mengapa? Foto-foto Masa Kecil Diungkap Johan de Beule

 Setelah 3 Bulan Rahasia Nikah Irish Bella Ammar Zoni Terungkap, Mengapa Ranty Maria Posting Ini?

 Penampilan Terbaru Irish Bella, Mendadak Ubah Gaya Rambut, Biar Tak Sama Mantan Ammar Zoni?

 Begal Naik Honda Jazz Ngebut Dikejar Polisi, Tembak-tembakan Lalu Bawa Kabur Mobil Polisi

Artinya, lanjut Dianto, jika negara tetangga tersebut sudah mendapat kiriman asap, kemungkinan asap tersebut berasal dari provinsi yang ada di Sumatera.

"Ibu menteri cuma menyampaikan saja, minta atensi dari Gubernur Jambi. Apa langkah-langkah yang kita perbuat dengan sudah sampainya asap kita ke negara tetangga. Nanti kita laporkan ke ibu menteri. Mudah-mudahan data yang diminta ibu menteri itu bisa terjawab pada rapat besok di Kemenkopolhukam," papar sekda.

Sementara itu BMKG Sulthan Thaha Jambi mendeteksi adanya kemunculan kabut asap dalam beberapa hari terakhir. Pada Senin kabut asap terpantau sejak pukul 01.00 WIB dini hari hingga pukul 07.00 WIB. Kabut asap sempat terekam sensor BMKG Sulthan Thaha Jambi dalam jarak pandang 3.900 meter pada pukul 06.00 WIB.

"Cukup sering dan tadi pagi juga terpantau, tapi masih hilang timbul," ujar Kasi data dan Informasi BMKG Sulthan Thaha Jambi, Kurnia Ningsih.

Halaman
123
Editor: duanto
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved