Pria Pembawa Berlian Senilai Rp 4,5 Miliar Ditangkap Bandara

Seorang pria berkewarganegaraan Malaysia dilaporkan telah ditahan di bandara India, pada Sabtu (3/8/2019).

Pria Pembawa Berlian Senilai Rp 4,5 Miliar Ditangkap Bandara
KOMPAS.com/SUDDIN SYAMSUDDIN
Berlian seberat 222 gram milik Qarsing di Desa Bulu Cendrana, Kecamatan Pitu Riawa, Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan, ini dijual dengan harga Rp 6,966 triliun. 

TRIBUNJAMBI.COM- Seorang pria berkewarganegaraan Malaysia dilaporkan telah ditahan di bandara India, pada Sabtu (3/8/2019).

Karena kedapatan membawa puluhan batu berlian senilai total lebih dari Rp 4,5 miliar.

Pria tersebut, yang tidak diungkapkan identitasnya, ditangkap saat tiba di Bandara Internasional Chennai di negara bagian Tamil Nadu.

Dia diduga hendak menyelundupkan batu-batu berlian itu ke India.

Baca: Reino Barack Menghilang saat Ulang Tahun Istrinya, Ternyata Suami Syahrini Lakukan Hal Tak Terduga

Penangkapan pria itu bermula dari pihak Unit Intelijen Udara (AIU) India, yang menghentikan pria berusia 48 tahun itu setibanya dari Kuala Lumpur untuk dimintai keterangan.

Petugas AIU juga melakukan pemeriksaan terhadap tubuh dan barang bawaan pria itu, di mana kemudian ditemukan banyak bungkusan di dalam koper dan di balik pakaian dalamnya.

Saat diperiksa terungkap bahwa isi 10 bungkusan tersebut adalah batu berlian.

Diberitakan Channel News Asia, yang melansir Bernama, otoritas India melakukan pemeriksaan setelah mendapat informasi tentang adanya upaya penyelundupan batu-batuan berharga dari Malaysia.

Baca: INI Dia Sapi 1 Ton yang Dibeli Jokowi Seharga Rp 85 Juta, Diberi Nama seperti Petinju Legendaris

"Sebanyak dua paket bungkusan berwarna putih ditemukan di pakaian dalam tersangka dan delapan di dalam alat masak yang didaftarkan ke bagasi," pernyataan AIU.

Dari dalam 10 bungkusan tersebut ditemukan 55 kantong kecil yang memuat batu-batu berlian yang disembunyikan.

"Pihak kepolisian India sedang menyelidiki masalah ini," ujar Konsul Jenderal Malaysia di Chennai, Saravanan Karathihayan, kepada Bernama, Minggu (4/8/2019).

Penumpang tersebut lantas memberi tahu otoritas bea dan cukai di India bahwa dia diminta untuk menyerahkan berlian itu kepada seseorang yang telah menunggu di luar bandara.

Namun saat pria itu diminta melanjutkan perintah itu dan diawasi petugas dari kejauhan, tidak ada orang yang muncul untuk mengambil paket berlian tersebut.(*)

Baca: Tulis Pesan untuk Calon Suaminya Kelak, Agnez Mo Ungkap Harapan Ini

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul: Bawa Berlian Senilai Rp 4,5 Miliar, Pria Malaysia Ditangkap di Bandara India

Artikel ini telah tayang di serambinews.com

Editor: andika arnoldy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved